News  

Mendag Zulhas: Industri Ayam Dikuasai 2-3 Perusahaan Besar, Mematikan Ibu-Ibu Pedagang

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Mendag Zulhas) mengungkap bahwa industri peternakan ayam di Indonesia dikuasai oleh hanya 2-3 perusahaan besar. Kondisi ini menurutnya bisa mematikan usaha-usaha kecil yang bergerak di bidang serupa.

Zulhas menjelaskan bahwa ada teknologi yang digunakan industri untuk memproduksi ayam, yakni grand parent stock atau GPS. Dengan teknologi ini, industri bisa menghasilkan ratusan ribu populasi ayam hanya dalam waktu singkat.

“Itu dikuasai oleh 2-3 perusahaan. Banyak sekali UMKM-UMKM tidak kebagian. Yang dikuasai 99 persen oleh 2-3 perusahaan,” kata Zulhas di forum Kinerja 100 Hari Zulhas menjadi Menteri Perdagangan, Minggu (25/9).

Tak hanya produksi ayamnya saja, perusahaan-perusahaan tersebut juga menguasai produksi pakan ternak. Dengan kondisi tersebut, menurutnya pemerintah harus hadir untuk menata iklim usaha agar memberikan ruang bagi usaha-usaha kecil bisa berkembang.

“Pakan juga begitu, perusahaan Japfa sama Pokphand. Jadi pakannya dia, GPS nya dia, semua ada di mereka,” tegas Zulhas.

Zulhas mengatakan, kedua perusahaan tersebut tengah berencana untuk melebarkan jaringan penjualan mereka dengan membangun cold storage-cold storage. Apabila ini tidak diatur, kata Zulhas, akan mematikan usaha-usaha kecil.

“Kalau dia buka seperti itu, mati lah itu ibu-ibu pedagang ayam. Jadi itu harus ditata, kalau tidak ditata kita repot. Sehingga kita (menata) sedemikian rupa sehingga UMKM ini bisa berkembang,” pungkas Zulhas.(Sumber)