News  

Mantan Rektor Prof. Octavianus Rondonuwu Meninggal Dunia, Universitas Nusantara Manado Berduka

Universitas Nusantara (UN) Manado berduka. Seorang pahlawan pendidikan UN, yang merupakan mantan Rektor Prof. Dr. Ir. R. Octavianus Rondonuwu, M.Ec tutup usia. Duka civitas akademika UN Manado ini terlihat dari kibaran bendera merah putih setengah tiang di kampus hijau, pada bilangan jalan raya Lengkong Wuaya Paal Dua Manado.

Pada Senin, 26 September 2022 tepat jam 12 siang dilakukan ibadah pemakaman Prof. Dr. Ir. R. Octavianus Rondonuwu, M.Ec. Sebelum ibadah, ada beberapa sambutan dari perwakilan jemaat diantaranya adalah Bpk. Yaulie Deo Rindengan, MT, Civitas Akademika UN oleh Wakil Rektor IV Lucky Mangkey, M.Kom dilanjutkan dengan mantan Rektor Unsrat Prof.Dr. Ir. Lucky Sondak, M.Ec.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor IV Lucky Mangkey, yang mewakili Rektor Universitas Nusantara Drs. Teddy Manueke. MM, menyampaikan ucapan duka yang mendalam kepada keluarga yang ditinggalkan. Rektor UNM, Drs. Teddy Manueke, MM saat ini sedang berada di luar kota menghadiri acara Rakernas Ikatan Ahli Informatika Indonesia

“Saya hadir mewakili Yayasan Universitas Nusantara dan Civitas Akademika Universitas Nusantara Manado. Bapak Rektor UN Drs. Teddy Manueke, MM saat ini sedang berada di luar kota menghadiri acara Rakernas Ikatan Ahli Informatika Indonesia, juga acara APTISI Pusat sehingga beliau mendelegasikan kepada saya untuk membawakan sambutan,” ucap Lucky Mangkey sebagaimana dikutip oleh Golkarpedia.com dalam keterangan tertulisnya (26/09/2022).

“Keluarga Besar UN Turut Berduka Cita yang mendalam atas wafatnya Almarhum Prof. Dr. Ir. R. Octavianus Rondonuwu, M Ec. Kampus UN tiga hari ini menaikan bendera setengah tiang atas instruksi Ketua Yayasan Ibu Susan Palilingan, S.Ked dan Rektor UN Drs. Teddy Manueke, MM,” sambung Ketua Ikatan Ahli Informatika Indonesia Wilayah Sulawesi Utara ini.

Lucky Mangkey lantas menceritakan mengenai kenangan bersama Prof Rondonuwu semasa beliau hidup. Komisaris PT Infotek Global Network ini memiliki banyak kenangan baik dengan Prof Rondonuwu.

“Prof Rondonuwu menjabat Rektor UN pada masa transisi tahun 2015-2016 menggantikan saya sebagai rektor pada periode itu setelah sebelumnya menjabat Dekan Fakultas pertanian UN. Almarhum penuh pengalaman dalam memimpin, senioritasnya memberikan banyak nasihat contoh dan keteladanan bagi civitas akademika UN,” sebut Ketua Ormas MKGR DPD Sulut ini.

Yang paling terkenang bagi Lucky Mangkey terhadap Prof. Rondonuwu adalah semangat kerjanya. Hal ini yang menginspirasi banyak orang di civitas akademika UNM hingga kampus dapat berkembang lebih maju seperti sekarang ini.

“Walaupun sudah usia tua tapi beliau sangat semangat dalam bekerja dan disertai humor dalam memimpin. Nilai-nilai kepemimpinan dan nilai-nilai pendidikan dari beliau menjadi pelajaran yang sangat baik bagi generasi muda UN,” ujar Lucky Mangkey dengan nada lirih menahan kesedihan atas kepergian Prof. Rondonuwu.

Semangat dan keteladanannya memberikan inspirasi bagi Kepemimpinan di UN saat ini untuk mengembangkan diri, baik dalam hal akademik dan juga Tridharma secara utuh. Semangatnya juga memberi inspirasi bagi UN untuk memasuki era Revolusi Industri 4.0 yang penuh tantangan di bidang Digital dan disrupsi Ekonomi.

“Terlebih saat ini UN akan berperan aktif dalam menjalankan program-program Kampus merdeka demi tercapainya Tujuan Nasional Masyarakat yang adil dan makmur, SDM unggul dan cerdas juga merealisasikan Visi UN: Unggul dalam Iptek dan peradaban,” ujar Lucky Mangkey lagi.

Terakhir, yang membuat semua orang merasa kehilangan atas wafatnya Prof Rondonuwu adalah beliau merupakan sosok yang mudah tersenyum, hingga tidak pernah tergambar kesulitan di raut wajahnya. Selain itu, Prof Rondonuwu juga merupakan penyanyi yang handal, suaranya yang merdu seringkali menjadi penghibur rekan-rekan sejawatnya.

“Dalam suasana kritis dan sulit, Prof selalu tersenyum dan sering membawakan lagu-lagu yang indah oleh suaranya yang merdu. Kami akan selalu mengenang Pahlawan UN Prof Rondonuwu sampai Maranatha Tuhan Datang,” pungkas Lucky Mangkey kemudian mengakhiri sambutannya.

Setelah memberikan sambutan, Rektor beserta perwakilan dosen dan mahasiswa UN yang hadir saat itu memberikan lagu penghiburan buat keluarga yang di pandu oleh Ibu Seska Gampu, SE, M.Si. Keluarga dan handai taulan yang hadir, memberikan apresiasi tinggi atas kehadiran dan penghargaan civitas akademika UN karena perhatiannya kepada almarhum. {golkarpedia}