Tekno  

Sering Boros Pakai Kuota Internet? Ini 3 Trik Solusinya!

Bukan lagi rahasia bahwa kuota internet jadi kebutuhan pokok baru semua kalangan. Berbagai kegiatan mulai mengakses materi belajar, bisnis, hingga aneka macam hiburan, memerlukan koneksi internet.

Belum lagi bertebarannya konten menyenangkan di media sosial, membuat kita getol berlama-lama menggunakan internet. Tanpa disadari, notif dari provider melayang masuk ke layar smartphone seraya membawa kabar bahwa kuota kita telah habis.

Jika terjadi sesekali, ini mungkin bukan masalah. Terlebih bila kamu punya rekening di bank yang terintegrasi dengan aplikasi perbankan atau akun e-wallet di ponsel. Sekalipun sambil rebahan di rumah, liburan, atau sedang melakukan aktivitas lainnya, kamu bisa langsung isi ulang kuota internet dan menyelesaikan macam-macam transaksi lain dengan mobile banking yang memudahkan semua urusan. Apalagi kini di mobile banking bisa bayar ini itu dengan scan QRIS.

Namun bila terus berulang, pola itu tetap saja bisa berujung pada pemborosan yang berpotensi membuat cash flow kamu jadi berantakan.
Tapi tenang, ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengantisipasinya. Misalnya saja, dengan 3 trik di bawah ini.

1. Mengatur waktu bermain medsos

Konten yang kamu tatap lama-lama di media sosial—terutama dalam format foto atau video—memakan kuota internet yang relatif banyak. Oleh karena itu, trik pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi borosnya pemakaian kuota, ialah mengatur waktu bermain medsos.

Caranya, manfaatkan menu stopwach atau alarm, set waktu di sana sesuai yang kamu perlukan, dan kamu pun punya pengingat untuk urusan bermedia sosial.

Meski praktis, cara ini tetap perlu dibiasakan. Tapi jika sudah terbiasa, manfaat yang bisa kamu dapat bukan semata berhemat kuota internet, melainkan juga pengalokasian waktu yang efisien untuk aktivitasmu yang lainnya.

2. Memanfaatkan fitur kuota topping

Kamu bisa mengakali borosnya pemakaian kuota dengan memilih fitur topping yang kini sudah disediakan oleh sejumlah provider internet.
Selain mengatur waktu, kamu pun bisa mengakali borosnya pemakaian kuota dengan memilih fitur topping yang kini sudah disediakan oleh sejumlah provider internet. Sebab harga kuota topping untuk satu platform lazimnya lebih murah ketimbang kuota internet utama.

Padukan kuota topping berdasarkan platform yang sering kamu gunakan dengan kuota utama dengan besaran yang sudah ditekan.Tips pemilihan lainnya, gunakan juga skala berdasarkan durasi pemakaian.

3. Rajin pantau info program promo provider atau bank buat top up kuota

Misalnya saja, program promo dari Bank BNI yang tengah berlangsung kini.

Bank BNI sedang membagi-bagikan saldo e-wallet atau paket data internet sebesar Rp 100 ribu untuk siapa saja yang mengisi ulang pulsa nomor Telkomselnya via aplikasi BNI Mobile Banking. Dengan catatan, nomor Telkomsel tersebut terdaftar di aplikasi GoPay dan BNI Mobile Banking.

Promo ini berlangsung sampai tanggal 30 September 2022 nanti. Jadi, yuk buruan download aplikasi BNI Mobile Banking di ponselmu! Lumayan, ‘kan, hadiahnya bisa bantu kamu berhemat.

Untuk info lengkap tentang program promo ini, kamu bisa langsung kunjungi laman resmi Bank BNI .(Sumber)