FIFA Kucurkan Dana Rp3,2 Triliun Bagi Klub Yang Ditinggal Pemainnya Tampil di Piala Dunia 2022 Qatar

Soccer Football - Argentina's national team plane to travel to Qatar 2022 World Cup unveiled - Ezeiza airport, Buenos Aires, Argentina - October 6, 2022 General view of a replica of the World Cup trophy REUTERS/Agustin Marcarian

FIFA kucurkan dana Rp3,2 T untuk klub yang ditinggal pemainnya tampil di Piala Dunia 2022 Qatar. Ketetapan ini masuk dalam regulasi Club Benefit Program yang diberlakukan oleh FIFA.

Piala Dunia 2022 digelar dalam periode waktu yang aneh. Jika biasanya Piala Dunia digelar pada musim panas pada Juni-Juli, kini dimainkan pada November-Desember karena menyesuaikan dengan cuaca Qatar.

Oleh karena itu, FIFA memiliki regulasi yang bisa membujuk klub-klub melepas para pemainnya. Bilamana klub mengirimkan pemain untuk berlaga membela negara di Piala Dunia 2022 yang akan datang, klub tersebut akan mendapatkan kompensasi dana.

Masing-masing klub diperkirakan menerima kucuran dana sekitar 10 ribu dollar atau senilai dengan Rp154 juta untuk setiap pemain per harinya. Tentu saja tidak bisa mendapatkan kucuran dana dengan percuma.

Ada ketentuan lamanya permainan dalam memperkuat klubnya. Berikut informasi mengenai FIFA kucurkan dana Rp 3,2 T untuk klub yang ditinggal pemainnya tampil di Piala Dunia 2022 Qatar.

FIFA Kucurkan Dana Rp 3,2 Triliun untuk Klub yang Ditinggal Pemainnya Tampil di Piala Dunia 2022 Qatar

Untuk mendapatkan klaim tersebut, klub harus mendaftar terlebih dahulu melalui platform FIFA Profesional Football Landscape. Dengan begitu klub mendapatkan dana 10 ribu dollar (Rp154 juta) untuk masing-masing pemain selama Piala Dunia 2022 berlangsung.

Jika sang pemain turut berpartisipasi dalam Piala Dunia 2022 selama sepuluh hari, maka klub mendapatkan 100 ribu dolar (Rp1,5 miliar).

Ketentuan yang harus dipenuhi, klub akan diberikan kompensasi jika pemain sudah berseragam klub paling tidak selama dua tahun. Semakin banyak pemain yang ikut andil dalam Piala Dunia 2022, kompensasi yang diberikan tentu akan semakin banyak.

Peraturan ini tentu bukan peraturan baru dalam FIFA. Piala Dunia musim 2018, FIFA mengucurkan dana 8,53 ribu dolar (Rp131,8 juta) untuk setiap pemain per harinya.

Diperkirakan kucuran dana yang dikeluarkan FIFA kali ini tidak jauh berbeda dengan empat tahun lalu, yaitu Piala Dunia 2018.

Kerja sama antara FIFA dan Asosiasi Klub Eropa ini tentu memberikan kepada klub-klub besar sepak bola dunia. Klub besar seperti Manchester City atau Real Madrid bisa mendapatkan kucuran lebih besar dari klub lainnya.

Sebab, klub-klub tersebut banyak sekali menyalurkan pemain dalam ajang Piala Dunia.

Demikian informasi mengenai FIFA kucurkan dana Rp 3,2 triliun untuk klub yang ditinggal pemainnya tampil di Piala Dunia 2022 Qatar.(Sumber)