6 Pembalap Terbaik di Masing-Masing Pabrikan MotoGP 2022

SEBANYAK 6 pembalap terbaik di masing-masing pabrikan MotoGP 2022 akan diulas dalam artikel ini. Seperti diketahui, MotoGP 2022 sudah rampung digelar dengan ditandai balapan terakhir di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia pada Minggu 6 November 2022 silam.

Selama MotoGP 2022 berlangsung, terdapat enam pabrikan yang ambil bagian dalam kejuaraan balapan motor bergengsi se-dunia ini. Keenam pabrikan itu adalah Ducati, Yamaha, Aprilia, KTM, Honda, dan Suzuki.

Dari enam pabrikan itu, setiap tim punya pembalap terbaiknya di MotoGP 2022. Lantas, siapa saja keenam pembalap yang dimaksud?

Berikut 6 pembalap terbaik di masing-masing pabrikan MotoGP 2022:

6. Marc Marquez (Honda)

Marc Marquez

6 pembalap terbaik di masing-masing pabrikan MotoGP 2022 dimulai dari Marc Marquez. Ya, juara dunia enam kali ini memang tampil kurang maksimal di gelaran MotoGP musim ini.

Tentu hal tersebut tidak terlepas dari cedera yang dideritanya di awal musim 2022. Dari 20 balapan yang dihelat, The Baby Alien (julukan Marc Marquez) hanya mampu meraih podium satu kali dengan menjadi runner-up di MotoGP Australia 2022.

Selebihnya, Marc Marquez hanya mampu menembus lima besar. Dengan catatan itu Marc Marquez hanya finis di posisi ke-12 klasemen akhir MotoGP 2022 dengan koleksi 113 poin.

 

5. Alex Rins (Suzuki)

Alex Rins

Berikutnya, pembalap terbaik di masing-masing pabrikan MotoGP 2022 ada Alex Rins. Ya, pembalap Suzuki Ecstar ini benar-benar menjalani balapan yang emosional bagi timnya.

Bagaimana tidak, usai paruh pertama, Suzuki memutuskan untuk hengkang dari MotoGP musim depan. Itu artinya Alex Rins menjalani musim terakhirnya bersama Suzuki.

Alih-alih melempem dengan keputusan Suzuki, Alex Rins justru bisa gacor di pengujung MotoGP 2022. Ia bisa menyabet juara di MotoGP Australia dan Valencia, yang notabene merupakan tiga seri terakhir musim 2022.

Total di musim ini, Alex Rins udah meraih empat podium. Di luar dua juara itu, dua lagi ia torehkan di Argentina (posisi ketiga) dan Amerika Serikat (posisi kedua). Dengan catatan itu Alex Rins menyudahi MotoGP 2022 di peringkat ke-7 dengan koleksi 173 poin.

4. Brad Binder (KTM)

Brad Binder

Di posisi keempat pembalap terbaik di masing-masing pabrikan MotoGP 2022 dihuni oleh Brad Binder. Pembalap Red Bull KTM ini di luar dugaan hampir tembus ke posisi lima besar klasemen akhir MotoGP 2022.

Menariknya, selama 20 seri yang berlangsung tahun ini, Brad Binder belum pernah mencicipi juara. Hanya saja, pembalap asal Afrika Selatan ini mencicipi tiga kali podium.

Adapun ketiga podium itu ia raih masing-masing di peringkat kedua. Itu dimulai dari MotoGP Qatar, kemudian Jepang, dan terakhir di Valencia. Berkat torehan itu, Brad Binder menyudahi musim dengan bercokol diperingkat keenam dengan koleksi 188 poin.

3. Aleix Espargaro (Apirlia Racing)

Aleix Espargaro

Nama Aleix Espargaro masuk dalam 6 pembalap terbaik di masing-masing pabrikan MotoGP 2022. Sebab, pembalap asal Spanyol itu mampu tampil konsisten sepanjang MotoGP 2022 berlangsung.

Namun, dari 20 balapan, Aleix Espargaro hanya mampu meraih satu kali juara yaitu di MotoGP Argentina. Selebihnya, pembalap Aprilia Racing itu mampu mendulang enam podium. Berkat torehan itu, Aleix Espargaro menyudahi musim ini di peringkat keempat dengan koleksi 212 poin.

2. Fabio Quartararo (Yamaha Monster Energy)

Fabio Quartararo

Selanjutnya pembalap terbaik di masing-masing pabrikan MotoGP 2022 di tempati oleh Fabio Quartaro. Ya, pembalap Yamaha Monster Energy ini merupakan kandidat juara terkuat sepanjanng MotoGP 2022.

Ia berhasil memimpin klasemen MotoGP 2022, sebelum akhirnya disalip oleh pesaingnya Francesco Bagnaia. Sempat moncer di pertengahan musim, Fabio Quartararo hilang kendali menjelang akhir MotoGP 2022. Alhasil, ia harus puas menyudahi balapan di posisi kedua klasemen akhir MotoGP 2022 dengan koleksi 248 poin.

1. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo)

Francesco Bagnaia

Di posisi pertama pembalap terbaik di masing-masing pabrikan MotoGP 2022 dihuni oleh Francesco Bagnaia. Ya, pembalap Ducati Lenovo ini tampil menggila dengan menyabet tujuh kemenangan di MotoGP 2022.

Hebatnya, empat di antaranya terjadi secara beruntun. Di mana Francesco Bagnaia juara di Belanda, Inggris, Austria, dan San Marino. Berkat penampilan menggilanya, Francesco Bagnaia sukses jadi juara dunia MotoGP 2022 dengan mengemas 265 poin di klasemen akhir kejuaraan.(Sumber)