5 Pembalap Yang Pernah Sukses di Sirkuit Yas Marina, F1 GP Abu Dhabi

SEBANYAK 5 pembalap yang pernah sukses di F1 GP Abu Dhabi menarik dibahas, sebab minggu ini merupakan seri penutup F1 di GP Abu Dhabi 2022, pada Minggu (20/11/22) pukul 20.00 WIB.

Menariknya lagi, sirkuit ini tak jarang sering menjadi penentu gelar juara dunia Pembalap. Nico Rosberg, Sebasian Vettel, dan terakhir tahun lalu GP Abu Dhabi menjadi saksi juara dunia Max Verstappen.

Sirkuit yang bernama Yas Marinas ini debut di kalender balap F1 pada tahun 2009, namun hanya ada beberapa pembalap yang sukses finis terdepan di GP Abu Dhabi.

Beriku 5 pembalap yang pernah sukses di Formula 1 GP Abu Dhabi?

5. Kimi Raikkonen

Kemenangan mengejutkan diraih Kimi Raikkonen bersama Lotus Renault pada balapan GP Abu Dhabi 2012. Kemenangan pembalap juara dunia 2007 itu dirindukan banyak fans F1, terutama pendukung Kimi.

Kala itu Kimi harus bertarung ketat dengan rivalnya Fernando Alonso hingga garis finish, dengan selisih waktu hanya terpaut 1 detik saja. Kemenangan The Ice Man di Abu Dhabi mengganggu perjalanan Alonso yang sedang merebutkan juara dunia, bersaing dengan Vettel.

4. Nico Rosberg

 

Pembalap berpaspor Jerman, Nico Rosberg pernah menang di Sirkuit Yas Marina bersama Mercedes, ia sukses memimpin dua posisi start terdepan untuk Mercedes pada 2015 dengan Lewis Hamilton.

Namun, pada musim 2016, Rosberg berhasil mengunci gelar juara dunia di GP Abu Dhabi dengan finis ke-2. Finis kedua di Abu Dhabi tetap membuat Rosberg full senyum karena, defisit poin lebih unggul ketimbang Hamilton.

3. Sebastian Vettel

Sebastian pernah tampil memukau di Abu Dhabi, ia berhasil finis terdepan pada tahun 2009, 2010, 2013.

Diketahui, Vettel merupakan pembalap pertama yang finis terdepan di Abu Dhabi yakni tahun 2009. Di sirkuit ini Vettel pernah bersaing merebut juara dunia pada 2010.

2. Max Verstappen

 

Bisa dibilang balapan Abu Dhabi tahun 2021 menjadi balapan paling menegangkan, dan terbaik sepanjang masa. Kala itu Max harus bertarung habis-habisan dengan rivalnya Lewis Hamilton.

Defisit poin yang sama Verstappen dengan Hamilton kala itu yakni 369.5, otomatis pada balapan di Abu Dhabi siapa yg finis terdepan antara Max dan Lewis dialah pemenang gelar Juara Dunia 2021.

Akhirnya Max berhasil mengunci gelar dengan finis terdepan sedangkan rivalnya Hamilton finis di belakangnya. Dengan balapan di Abu Dhabi menjadi penutup pertarungan panjang Max dengan Lewis pada 2021.

1. Lewis Hamilton

Pembalap juara dunia 7 kali itu pernah sukses finis terdepan di Abu Dhabi pada 2011, 2014, 2016, 2018, 2019. Dengan hasil gemilang itu, Lewis menjadi rekor pemenang terbanyak di GP Abu Dhabi.(Sumber)