Pamit Dari F1 Usai GP Abu Dhabi 2022, Sebastian Vettel Merasa Hampa

Sebastian Vettel mengucapkan pamit dari balapan Formula One (F1) usai GP Abu Dhabi 2022. Pasalnya balapan tersebut menjadi aksi terakhir Vettel sebagai pembalap F1 karena memutuskan pensiun.

Menariknya, keputusan pensiun yang dipilih Vettel sedikit membuatnya sedih. Sebab ia merasa hampa karena akan meninggalkan balapan yang sudah membesarkan namanya tersebut.

Setelah 15 tahun berkarier, Vettel akhirnya melakoni balapan terakhirnya di F1 dalam balapan di Abu Dhabi pada Minggu 20 November 2922. Pasalnya, dia sudah memutuskan untuk gantung helm begitu musim 2022 ini berakhir.

Pembalap Aston Martin itu pun menutup kariernya dengan membawa pulang satu poin setelah finis di posisi ke-10. Setelah balapan, dia mengucapkan pidato perpisahannya untuk dunia F1 hingga air mata pun menetes ke pipinya.

Pembalap berusia 35 tahun itu mengaku merasa hampa meninggalkan F1. Dia pun mengungkapkan sangat bersyukur bisa mencapai posisinya sekarang, yakni dikenal sebagai pembalap yang hebat.

“Saya merasa hampa. Ini akhir pekan yang hebat. Dua tahun terakhir memang mengecewakan, tapi sangat penting untuk hidup saya,” kata Vettel dilansir dari Mirror, Senin (21/11/2022).

“Merupakan hak istimewa yang sangat besar untuk berada di posisi saya dan dengan itu datanglah tanggung jawab. Ada banyak hal yang jauh lebih besar dan lebih penting dalam hidup daripada balapan dalam lingkaran,” tambahnya.

Lebih lanjut, pembalap kelahiran Heppenheim itu mengatakan pensiun adalah keputusan yang sulit untuk diambilnya.

Akan tetapi, di usianya yang sekarang, dia ingin menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarganya dan akan memikirkan apa yang akan dilakukannya setelah ini pada akhir tahun nanti.

“Keputusan itu sulit saya ambil dan saya telah menghabiskan banyak waktu untuk memikirkannya. Di akhir tahun, saya ingin mengambil lebih banyak waktu untuk merenungkan apa yang akan saya fokuskan,” jelas mantan pembalap Red Bull itu.

Sebastian Vettel

“Sangat jelas bagi saya bahwa, sebagai seorang ayah, saya ingin menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga saya, tetapi hari ini bukan tentang mengucapkan selamat tinggal.

Sebaliknya, ini tentang mengucapkan terima kasih kepada semua orang tidak terkecuali para penggemar, yang tanpanya dukungan penuh semangat F1 tidak bisa ada,” imbuh Vettel.

Sebagai informasi, Vettel berhasil menyabet empat titel juara F1 pada musim 2010, 2011, 2012 dan 2013 bersama Red Bull.

Secara keseluruhan, dia telah melakoni 299 balapan dengan torehan 53 kemenangan, 57 pole position, 122 podium dan total 3097 poin yang dilewatinya dengan berseragam BMW Sauber, Toro Rosso, Red Bull, Ferrari dan Aston Martin.(Sumber)