Dipecat MU, Cristiano Ronaldo Kehilangan Rp.298 Miliar

Manchester United (MU) resmi memutus kontrak Cristiano Ronaldo dengan kesepakatan bersama. Berdasarkan laporan Mirror, hal ini juga membuat pemain asal Portugal tersebut bakal kehilangan sisa gaji mencapai 16 juta pounds atau kurang lebih setara dengan Rp 298 miliar.

Pemain 37 tahun itu sejatinya terikat kontrak bersama The Red Devils hingga 30 Juni 2023. Dengan kesepakatan bersama untuk berpisah, MU disebut tak perlu membayar sisa gaji Ronaldo dalam durasi kontrak tersebut.

Dikutip dari Daily Mail, gaji per pekan Ronaldo di MU berada di angka 385 ribu pounds per pekan atau setara Rp 7,1 miliar. Angka tersebut juga menjadikannya sebagai salah satu pemain dengan gaji terbesar di Liga Inggris. Namun, itu belum dipotong 25 persen imbas ‘Setan Merah’ gagal berkompetisi di Liga Champions musim ini.

Keputusan klub untuk mengakhiri kontrak Ronaldo setelah sang pemain melontarkan tuduhan bahwa dia telah dikhianati MU dan mengakui tidak memiliki rasa hormat kepada juru taktik Setan Merah, Erik ten Hag. Pemutusan kontrak dirilis melalui pernyataan di laman resmi klub.

“Cristiano Ronaldo akan meninggalkan Manchester United dengan kesepakatan bersama, sesegera mungkin,” tulis pernyataan tersebut.

Meski begitu, The Red Devils juga menyampaikan terima kasih kepada Ronaldo atas kontribusinya. Di sisi lain, klub juga menegaskan bahwa pemain lainnya akan fokus membantu Erik ten Hag.

“Klub berterima kasih padanya atas kontribusi yang luar biasa selama dua periode di Old Trafford, mencetak 145 gol dalam 346 penampilan, dan mendoakan yang terbaik untuk masa depan dia dan keluarganya,” lanjut pernyataan MU.

“Semua orang di Manchester United tetap fokus untuk melanjutkan kemajuan tim di bawah Erik ten Hag, dan bekerja sama untuk memberikan kesuksesan di atas lapangan,” tutupnya.

Sementara itu, Ronaldo menegaskan cintanya kepada klub yang membesarkan namanya tersebut tidak akan berubah dengan adanya perpisahan ini. Namun, peraih lima kali Ballon d’Or itu juga mengakui bahwa keputusan yang diambil sudah tepat untuk kedua belah pihak.

“Setelah pembicaraan dengan Manchester United, kami sepakat untuk mengakhiri kontrak lebih awal. Saya mencintai Manchester United dan para penggemar, dan itu tidak akan pernah berubah,” tutur Ronaldo dikutip dari akun Twitter resminya.

“Namun, rasanya ini waktu yang tepat buat saya untuk mencari tantangan baru. Saya berharap tim ini sukses untuk sisa musim ini dan untuk masa depan,” lanjutnya.

Adapun pada periode kedua membela MU, data Fotmob mencatat bahwa Ronaldo telah membukukan 54 kali penampilan dan mencetak 27 gol di semua kompetisi.

Pertandingan terakhir Ronaldo untuk The Red Devils adalah sebagai kapten kala MU takluk dari Aston Villa dengan skor 1-3 dalam lanjutan pekan ke-15 Liga Inggris pada Minggu (6/11) malam WIB.(Sumber)