BWF World Tour Finals 2022: Ahsan/Hendra Jadi Wakil Indonesia Pertama Kantongi Tiket Semifinal

Ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dipastikan lolos ke semifinal BWF World Tour Final 2022. Dengan begitu, Ahsan/Hendra menjadi wakil pertama Indonesia yang kantongi tiket semifinal BWF World Tour Final 2022.

Kepastian Ahsan/Hendra lolos ke semifinal BWF World Tour Final 2022 didapat usai poin mereka cukup menempatkan di peringkat dua teratas Grup B. The Daddies -julukan Ahsan/Hendra- berhasil menyapu kemenangan dalam dua laga fase grup yang berlangsung di Nimibutr Arena, Bangkok, Thailand itu.

Pertama, pada Rabu 7 Desember 2022, Ahsan/Hendra mengalahkan wakil Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, dengan skor 21-12 dan 21-15. Kedua, pada laga yang berlangsung Kamis (8/12/2022) sore WIB, mereka mengalahkan wakil Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen, dengan skor 21-13 dan 21-12.

Sampai kemenangan kedua atas Kim/Anders, Ahsan/Hendra sebenarnya belum dipastikan lolos. Tapi, kepastian itu mereka dapatkan setelah laga yang mempertemukan wakil China, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi, melawan Aaron/Soh beberapa jam berikutnya digelar.

Laga itu diketahui berhasil dimenangkan Liu/Ou dengan skor 23-21, 22-24, dan 21-16. Mengingat Liu/Ou juga menang di laga kemarin atas Astrup/Rasmussen, artinya mereka sama-sama mengemas dua kemenangan dengan Ahsan/Hendra. Hal itu membuat Ahsan/Hendra dan Liu/Ou masing-masing menempati peringkat 1 dan 2.

Laga yang tersisa esok hari, yakni antara Aaron/Soh vs Astrup/Rasmussen, sudah tidak lagi menggoyah posisi dua besar. Pemenang di laga itu paling tinggi menempati peringkat ketiga.

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Sementara itu, laga antara Ahsan/Hendra vs Liu/Ou besok menjadi sangat krusial. Sebab, siapa pun pemenangnya akan dipastikan lolos sebagai juara Grup B.

Status juara grup bakal menjadi keuntungan tersendiri karena di babak semifinal mereka akan melawan runner-up grup. Secara matematis, hal itu akan mempermudah jalan mereka untuk melaju ke babak final BWF World Tour Finals 2022.(Sumber)