Inilah 5 Besar Ormas dan Sayap Partai Golkar Terpopuler Periode November 2022 Berdasar Hasil Riset Golkarpedia

Organisasi sayap bagi sebuah partai adalah penyempurna gerakan politik. Jika sebuah partai politik adalah badan, maka organisasi sayap adalah institusi yang bisa membawa partai untuk bisa terbang. Organisasi sayap biasanya digunakan partai politik untuk meraup suara sektoral dan segmentatif yang tidak terjamah organisasi utama.

Kelompok sektoral dan segmentatif yang dimaksud misalnya adalah para pemuda, perempuan, kelompok kerja seperti buruh, ASN, petani, kelompok agama tertentu dan lain-lain. Dengan menggunakan organisasi sayap, gerakan sebuah partai politik untuk menggaet mereka baik sebagai kader ataupun simpatisan akan semakin mudah. Bisa dimaknai bahwa organisasi sayap dapat difungsikan sebagai laboratorium kader.

Partai Golkar pun menggunakan skema organisasi sayap ini untuk menjalankan agenda politiknya. Ada 11 organisasi sayap termasuk 3 hasta karya (organisasi pendiri) yang menjadi bagian penting dari gerakan politik Partai Golkar.

Kesebelas organisasi tersebut adalah, Kosgoro 1957, Ormas MKGR, SOKSI, AMPI, AMPG, KPPG, IIPG, Pengajian Al Hidayah, Satkar Ulama, Himpunan Wanita Karya, dan MDI. Berdasarkan karakter masing-masing organisasi, ada beberapa perbedaan dan kesamaan di antara organisasi ini. Semisal AMPG dan AMPI memiliki karakteristik yang serupa dalam hal organisasi sayap yang dikhususkan kepada kelompok pemuda.

KPPG, IIPG dan Himpunan Wanita Karya pun memiliki peran dalam segmentasi laboratorium kader kaum perempuan. Sementara Pengajian Al Hidayah, Satkar Ulama dan MDI juga memiliki persamaan pada peran mengorganisir kelompok keagamaan dari agama Islam.

Perbedaannya ada pada detail fungsi masing-masing organisasi. Yang jelas, keberadaan mereka sebagai organisasi sayap Partai Golkar tidak saling tumpang tindih. Mereka ada untuk saling melengkapi dan menyempurnakan gerakan politik Partai Golkar.

Keberadaan masing-masing organisasi sayap Partai Golkar ini juga patut ditelisik. Popularitas menjadi ukuran kami untuk menelisik eksistensi gerakan politik masing-masing organisasi sayap Partai Golkar. Indikator yang kami gunakan untuk mengukur eksistensi organisasi sayap Partai Golkar adalah pemberitaan. Kami juga menyematkan kata populer untuk organisasi sayap yang paling banyak menghasilkan pemberitaan.

Untuk di peringkat pertama, ada organisasi hasta karya Partai Golkar, SOKSI yang paling banyak diberitakan sepanjang bulan November 2022. Jumlah pemberitaan terkait SOKSI adalah sebanyak 221 berita dengan reach sebesar 410.298 jangkauan.

Pemberitaan terkait SOKSI didominasi lekatnya status Bambang Soesatyo atau Bamsoet sebagai Wakil Ketua Umum SOKSI pada beberapa komentarnya terhadap isu tertentu. Lalu ada pula pemberitaan mengenai rencana Munas SOKSI pimpinan Ali Wongso yang melakukan roadshow ke beberapa tokoh senior Partai Golkar seperti Aburizal Bakrie, Agung Laksono, dan lainnya.

Peringkat kedua masih diisi oleh organisasi hasta karya lainnya, Kosgoro 1957. Untuk bulan November 2022, Kosgoro 1957 menghasilkan 203 pemberitaan. Meski jumlah pemberitaan lebih kecil daripada SOKSI, tapi reach pemberitaan mengenai Kosgoro 1957 lebih besar, yakni 3,07 juta jangkauan.

Pemberitaan mengenai Kosgoro 1957 didominasi oleh acara HUT ke-65 di Kota Bandung. HUT Kosgoro 1957 di Bandung itu juga menyisakan amplifikasi yang lumayan besar ketika Gubernur Jabar, Ridwan Kamil hadir dalam acara dan disematkan jaket serta cincin Kosgoro 1957. Selanjutnya ada pula pemberitaan mengenai komentar Ketua Umum Kosgoro 1957, Dave Laksono terkait soliditas dengan rakyat merupakan kunci kemenangan.

Di tempat ketiga, ada organisasi sayap Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) yang menghasilkan 137 pemberitaan dengan reach sebesar 907.897. Pemberitaan mengenai AMPI agaknya tersebar di daerah.

Salah satu pemberitaan populer mengenai AMPI adalah bantuan AMPI Rescue Corps pada korban gempa Cianjur. Lalu pembagian ratusan sembako untuk masyarakat Buleleng yang dilakukan oleh AMPI Bali. Dan penyebutan yang dilakukan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto saat penutupan acara MPO DPP Partai Golkar kepada AMPI agar lebih masif lagi bersuara di media sosial.

Urutan keempat ada organisasi sayap AMPG dengan pemberitaan sebanyak 126 berita. Reach yang dicapai oleh pemberitaan AMPG adalah sebesar 941.226, sedikit lebih tinggi daripada reach yang dicapai oleh AMPI.

Tempat terakhir atau di posisi kelima ada organisasi hasta karya lainnya, Ormas MKGR. Pada November 2022 ini, Ormas MKGR memiliki pemberitaan sebanyak 119 berita dengan capaian reach sebesar 200.692 jangkauan.

Organisasi sayap lainnya untuk bulan November 2022 ini memiliki pencapaian pemberitaan yang lebih rendah dibanding 5 organisasi sayap Partai Golkar teratas yang telah kami bahas sebelumnya. Semoga dengan pengukuran intensitas pemberitaan bulanan ini, masing-masing organisasi sayap bisa lebih mengintensifkan lagi pemberitaan.

5 Sayap dan Ormas Partai Golkar Paling Populer Berdasar Pemberitaan November 2022:

1. SOKSI
221 pemberitaan
Reach: 410.298 jangkauan

2. Kosgoro 1957
203 pemberitaan
Reach: 3,07 juta jangkauan

3. AMPI
137 pemberitaan
Reach: 907.897 jangkauan

4. AMPG
126 pemberitaan
Reach: 941.226 jangkauan

5. Ormas MKGR
119 pemberitaan
Reach: 200.692 jangkauan {Golkarpedia}