Max Verstappen Ogah Lama-Lama Berkarier di F1, Bosan Juara?

Formula One F1 - Abu Dhabi Grand Prix - Yas Marina Circuit, Abu Dhabi, United Arab Emirates - November 20, 2022 Red Bull's Max Verstappen on the podium after winning the Abu Dhabi Grand Prix REUTERS/Aleksandra Szmigiel

MAX Verstappen akui tak mau lama-lama berkarier di F1. Sang pembalap Red Bull Racing mengaku kelelahan karena jumlah balapan yang di luar nalar.

Di usianya yang baru 25 tahun, Max Verstappen sudah memiliki dua gelar juara dunia. Dia sudah berkarier di F1 sejak 2015, menjadi debutan termuda pada usia 17 tahun pada saat itu.

Hingga kini, dia telah mengikuti total 163 balapan sejak debut tersebut. Rekor debutan termuda itu sendiri dipastikan tidak akan terpecahkan di masa depan setelah FIA merilis peraturan baru yang mengharuskan pembalap berusia setidaknya 18 tahun untuk ikut balapan di F1.

Sekarang, pembalap asal Belanda itu pun tengah menikmati kesuksesan dalam kariernya. Dia baru saja merengkuh gelar juara F1 keduanya di musim 2022 setelah menyabet yang pertama tahun lalu.

Terlepas dari prestasinya yang gemilang bersama Red Bull, Verstappen mengisyaratkan tak akan melanjutkan kontrak lebih lanjut. Dia menyebut ingin menjalani kehidupan berkualitas.

Bukan perkara jumlah juara dunia atau apa pun. Melainkan kualitas kehidupan juga. Sementara kami akan menghadapi balapan yang lebih banyak,” kata Verstappen dikutip Planet F1, Senin (12/12/2022).

Max Verstappen

Pembalap keturunan Belanda-Belgia itu tampaknya tidak ingin menjalani terlalu banyak balapan. Dia menilai dengan jumlah balapan yang makin banyak, masa pensiun bakal datang saat kontraknya usai.

“Saya punya kontrak hingga 2028, hingga usia 31 tahun. Saya berpikir, jika kami terus mengarah ke arah yang balapannya terus bertambah, apakah saya ingin terus balapan hingga berusia 35 tahun? Mungkin tidak,” ujarnya.(Sumber)