Konsep Prediksi Hanya 4 Partai Ini Yang Lolos Ke Senayan

Konsep Prediksi Hanya 4 Partai Ini Yang Lolos Ke Senayan Radar Aktual

Lembaga survei Konsep Indonesia (Konsepindo Research and Consulting) merilis hasil survei tentang elektabilitas partai politik peserta Pemilu 2019. Hasilnya, hanya 4 parpol yang diprediksi lolos parliamentary threshold (PT).

Survei dilaksanakan pada 17-24 Februari 2019 kepada 1.200 responden yang dipilih menggunakan metode multistage random sampling. Margin of error dalam survei ini kurang-lebih 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Hasilnya, PDIP, Gerindra, Golkar, dan PKB paling banyak mendapatkan suara. Ambang batas PT untuk pemilu kali ini ialah 4%.

“PDIP mendapatkan 26%, Gerindra 12,8%, Golkar 9,3%, PKB 6,2%. Di survei kami, 4 yang teratas yang dapat dipastikan lolos ke parliamentary threshold,” kata Direktur Eksekutif Konsepindo Veri Muhlis Afiruzzaman di Millennium Hotel, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (13/3/2019).

Selain itu, Veri mengelompokkan partai dalam kategori ‘tiga koma’, ‘dua koma’, ‘satu koma’, dan ‘nol koma’. Partai ‘tiga koma’ masih dimungkinkan lolos PT dengan adanya margin of error.

“Lalu ada partai ‘tiga koma’, Demokrat, PAN, dan NasDem, ini punya peluang lolos parliamentary threshold. Lalu ada partai ‘dua koma’, PPP, PKS, ini butuh perjuangan lebih berat, lebih besar,” jelas Veri.

“Lalu ada partai ‘satu koma’, Perindo dan Hanura, ini butuh berjuang lebih keras. Dan ada partai ‘nol koma’, yakni PKPI, PBB, Garuda, dan PSI. Tetapi masih ada suara undecided voters 26% yang belum memutuskan,” imbuhnya.

Sementara itu, pengamat politik LIPI Syamsudin Haris mengatakan hasil survei LIPI mengonfirmasi hasil dari lembaga survei lain. Bahkan Syamsudin memprediksi pemilu kali ini akan menjadi ‘kuburan massal’ bagi partai politik.

“Ya tentu kita sama-sama tahu ya jumlah partai yang banyak ikut itu ada 16 (partai) nasional membuat kompetisi semakin ketat. Ambang batas parlemen itu kan meningkat menjadi 4% dari sebelumnya 3,5%. Dengan pemilu serentak, tidak semua partai mempunyai insentif elektoral dari pemilu presiden,” ungkap Syamsudin.

“Dampaknya yakni pileg yang akan datang diduga akan menjadi kuburan massal bagi setengah partai politik, walaupun di DPRD kabupaten/kota masih punya peluang, sebab di sana tidak ada ambang batas parlemen,” lanjutnya.

Syamsudin melihat empat parpol baru, yaitu PSI, Partai Berkarya, Partai Hanura, dan Perindo, akan sulit mencapai parliamentary threshold. Namun, menurutnya, ada tujuh parpol yang relatif aman berdasarkan hasil survei Konsepindo.

“Apalagi keempat parpol baru ya, PSI, Berkarya, Hanura, dan Perindo. Kalau menurut hasil survei Konsep Indonesia itu jauh sekali untuk dapat mencapai 4% ambang batas parlemen. Saya melihat dengan didasarkan pada hasil survei ini, ada 7 partai yang relatif aman,” ucapnya.

Berikut ini elektabilitas partai politik berdasarkan hasil survei Konsep Indonesia:

– PDIP 26,0%
– Gerindra 12,8%
– Golkar 9,3%
– PKB 6,2%
– Demokrat 3,9%
– PAN 3,8%
– NasDem 3,2%
– PKS 2,8%
– PPP 2,2%
– Hanura 1,2%
– Perindo 1,2%
– Berkarya 0,4%
– PSI 0,2%
– Garuda 0,2%
– PBB 0,1%
– PKPI 0,1%
– Undecided voters 26,4%