News  

Kronologi Pipa Gas PetroChina di Jambi Bocor dan Meledak, 8 Pekerja Luka Bakar

Sebanyak delapan pekerja perusahaan migas menjadi korban kecelakaan kerja akibat pipa gas yang bocor lalu meledak di Kabupaten Tanjungjabung Barat, Jambi.

Saat ini para korban masih mendapat penanganan medis di Rumah Sakit (RS) Siloam Jambi. Peristiwa kecelakaan kerja ini diawali kebocoran pipa gas lalu meledak saat perbaikan di lokasi pipa line gas sumur NEB#9 di RT 06 Dusun Pematang Lindung, Desa Pematang Buluh, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjungjabung Barat, Jambi, Minggu (18/12/2022) dini hari.

Dalam peristiwa ini dipastikan tidak ada korban jiwa, namun para pekerja mengalami luka bakar di tubuh.

Saat dalam proses penyambungan pipa yang bocor, terjadi semburan api lalu meledak. Para korban merupakan pekerja PT Trans Dana Profitri, Subkontraktor PetroChina Internasional Jabung Ltd.

Untuk menghindari hal tak diinginkan, area sumur Neb#9 PetroChina telah ditutup agar tak bisa dilewati masyarakat umum.

Kapolres Tanjungjabung Barat AKBP Muharman Arta mengatakan, anggotanya telah ke lokasi untuk mengumpulkan keterangan para saksi dan mengecek para korban.

Hasil perkembangan dan laporan anggota, dari delapan korban kecelakaan kerja, satu orang sudah diperbolehkan kembali ke rumahnya dan tujuh lainnya masih menjalani perawatan intensif atau opname di RS Siloam Jambi.

 

Dari delapan korban, tujuh pekerja masih dirawat intensif di RS Siloam Jambi dan satu orang di ruangan intensive care unit (ICU).

Identitas mereka masing-masing bernama Randi jabatan sebagai HEO, Adbain (HEO), Kastalani (HEO), Rubianto (DM), Aris Setiawan (Konsub), Eka (analis) Olat Ceary dan Rafi.

“Kami dari kepolisian sudah meminta keterangan pihak terkait untuk mengetahui kesalahan, kelalaian atau murni kecelakaan kerja yang terjadi saat itu,” ujarnya, Senin (19/12/2022).

Menurutnya, saat ini api sudah dipadamkan dan petugas lainnya telah melakukan perbaikan di lokasi pipa yang bocor. Karena ada akses jalan masyarakat, maka jalurnya ditutup sementara waktu.(Sumber)