Tekno  

Demi Keamanan Negara, Seluruh Anggota DPR AS Dilarang Instal dan Gunakan TikTok

Senat (atau DPR) Amerika Serikat telah memerintahkan seluruh anggotanya untuk menghapus aplikasi TikTok dari ponsel dan perangkat lain yang dikeluarkan oleh DPR AS.

Arahan tersebut tertuang dalam memo internal Kepala Administrasi Senat AS, Catherine L. Szpindor, kepada seluruh anggota. Anggota Senat AS yang telah menginstal TikTok di HP diminta untuk melakukan uninstall. Arahan ini juga melarang aplikasi TikTok untuk diunduh di masa depan pada semua perangkat yang dikeluarkan oleh Senat AS.

Pemberitahuan kepada anggota Senat ini sekaligus mengidentifikasi TikTok sebagai “risiko tinggi bagi anggota karena sejumlah risiko keamanan.”
Secara terpisah, pemerintah AS diperkirakan akan segera melarang TikTok dari semua perangkat yang dikeluarkan oleh pemerintah federal sebagai bagian dari RUU No TikTok on Government Devices Act yang masih menunggu pengesahan oleh Presiden AS, Joe Biden.

Langkah tersebut dilakukan setelah dalam beberapa pekan terakhir ini, lebih dari selusin negara bagian di AS menerapkan larangan terhadap TikTok di perangkat pemerintah.
\
Regulator AS menyebut TikTok sebagai potensi risiko keamanan nasional. AS menuding pemerintah China dapat menekan TikTok atau perusahaan induknya, ByteDance, untuk membagikan informasi pribadi pengguna TikTok di AS kepada pemerintah China. Informasi pribadi ini dikhawatirkan dipakai untuk operasi intelijen China atau menyebarkan hoaks yang didukung China.

Sejak 2020, TikTok telah bernegosiasi dengan pemerintah Amerika Serikat untuk menyelesaikan masalah keamanan dan memungkinkan aplikasi tetap tersedia untuk pengguna AS.(Sumber)