News  

10 Populasi Suku Terbesar di Dunia: Dari Arab Hingga Jawa

Setiap negara di dunia memiliki suku bangsa mereka masing-masing. Hingga saat ini, suku-suku tersebut masih eksis dan mempertahankan adat istiadat mereka.

Populasi suku-suku tersebut pun beragam. Beberapa diantaranya memiliki populasi suku yang besar, bahkan mendominasi dunia.

Salah satu populasi suku terbesar di dunia terdapat di Indonesia. Apa saja dan berapa populasi suku-suku tersebut?

Berikut 10 populasi suku terbesar di dunia.

10. Suku Marathi

Suku Marathi merupakan sekelompok orang etnolinguistik Indo-Arya yang berasal dari Maharashtra di India Barat.

Mereka berkomunikasi menggunakan bahasa Marathi.

Suku Marathi dikenal sejak abad ke-17, ketika Kekaisaran Maratha didirikan. Di India, suku ini merupakan suku terbanyak kedua setelah suku Hindi.

Hingga saat ini, populasi Suku Marathi adalah sebanyak 85 juta jiwa di seluruh dunia. Hal ini menjadikan Suku Marathi memiliki 7 persen populasi dunia.

9. Suku Jawa

Salah satu suku yang ada di Indonesia ini ternyata masuk dalam jajaran populasi suku terbesar di dunia.

Suku Jawa sendiri merupakan suku bangsa yang terbesar di Indonesia. terhitung sekitar sepertiga dari populasi di Indonesia merupakan Suku Jawa.

Namun Suku Jawa tak hanya mendiami Indonesia, di luar Indonesia, seperti Suriname, Belanda, Malaysia, Singapura, hingga Arab Saudi terdapat pula Suku Jawa.

Dari seluruh populasi, 40 persen mendiami negara Indonesia. Jika ditotal, populasi Suku Jawa mencapai 100 juta jiwa.

8. Suku Jerman

Sebagian besar Suku Jerman, mendiami negara asalnya, Jerman. Namun dibeberapa negara lain, Suku Jerman juga masih terhitung banyak.

Tercatat ada sekitar 125 juta jiwa Suku Jerman di seluruh dunia.

7. Suku Jepang

Sekitar 98 persen dari total Suku Jepang, tinggal di negara asalnya, Jepang. Tak hanya mendiami Negeri Sakura ini, Suku Jepang pun tersebar di beberapa negara, seperti Korea, China, Kanada, dan sebagainya.

Hingga kini, tercatat, 128 juta jiwa dari total populasi dunia merupakan Suku Jepang.

6. Suku Rusia

Menjadi negara dengan wilayah paling luas di dunia, jumlah penduduk Suku Rusia pun cukup mendominasi dunia.

Sekitar 92 persen dari total populasi Suku Rusia, mendiami Rusia.

Sedangkan sisanya tersebar di beberapa negara. Jika ditotal, seluruh populasi Suku Rusia mencapai 129 juta jiwa.

5. Suku Punjabi

Pakistan merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Di Pakistan, terdapat suku besar yang mendominasi negara tersebut, yaitu Suku Punjabi.

Suku Punjabi biasa ditemui di negara Pakistan bagian Timur hingga India bagian Utara. Suku Punjabi berkomunikasi dengan bahasa ibu mereka, yaitu bahasa Punjabi.

Suku yang terkenal dengan kegemarannya menari ini memiliki populasi mencapai 145 juta jiwa.

4. Suku Portugis

Portugis adalah sebutan bagi warga negara Portugal. Salah satu suku asli dari bangsa Portugal ialah Suku Portugis.

Namun uniknya, hanya sekitar 5 persen dari total populasi suku yang tinggal di Portugal.

Sisanya tersebar di seluruh negara di dunia. Hingga kini, total populasi Suku Portugis mencapai 222 juta jiwa.

3. Suku Bengali

Suku Bengali juga biasa disebut Suku Benggali. Mayoritas dari mereka tinggal di wilayah timur laut Asia Selatan yang umumnya masuk ke bagian negara Bangladesh dan negara bagian Bengal Barat di India.

Dahulu, sebelum negara Bangladesh dan India terpisah, suku ini hidup di wilayah yang sama, namun dengan nama Bengala.

Sebagian besar orang Bengali di Bangladesh menganut ajaran Islam Sunni. Sedangkan orang Bengali yang tinggal di Benggala Barat menganut agama Hindu.

Perbedaan agama ini telah terjadi sejak abad ke-13, kala pasukan Muslim melakukan invasi ke wilayah yang mendiami Suku Bengali dari arah barat laut.

Penduduk suku ini biasa bicara dengan dialek Bangla, yang termasuk ke dalam kelompok Indo-Arya dari Indo-Iran, yang juga termasuk rumpun bahasa Indo-Eropa.

Populasi suku ini mencapai 230 juta jiwa.

2. Suku Arab

Suku Arab banyak mendiami beberapa negara Timur Tengah, serta Afrika Utara. Atas keanekaragamannya, Suku bangsa ini banyak menentang stereotip fisik, karena adanya variasi regional yang cukup besar.

Orang-orang Suku Arab, dahulu, di Jazirah Arab, merupakan seorang penggembala nomaden, karena wilayah mereka yang sebagian besar gurun.

Mereka juga bertani kurma dan sereal sebagai pusat perdagangan karavan. Hal tersebut karena mereka lebih menyukai tinggal di wilayah pedesaan.

Marga Suku Arab yang dikenal dan banyak digunakan ialah al-Attas, Assegaf, al-Aydrus, Shihab, Shahab, al-Haddad, dan masih banyak lagi.

Hingga kini, total populasi suku ini mencapai 450 juta jiwa.

1. Suku Han

1,4 miliar dari seluruh penduduk di dunia berasal dari Suku Han. Hal ini membuat Suku Han menjadi suku yang mendominasi dunia.

Sebanyak 18 persen dari total penduduk di dunia merupakan Suku Han. Suku Han merupakan suku bangsa yang berasal dari China.

Orang-orang dari suku ini merupakan kelompok etnis dan bangsa Asia Timur yang berasal dari Tiongkok. Sekitar 91 persen dari total populasi Suku Han tinggal di China.

Sisanya, tersebar di berbagai negara di dunia. Penduduk Suku Han tidak menyukai wilayah yang gersang dan pegunungan tinggi, sehingga wilayah pegunungan kini banyak didiami oleh Suku Tibet.

200 tahun belakangan, banyak dari orang-orang Suku Han yang migrasi ke Wilayah Manchu di barat laut China.(Sumber)