Achmad Taufan Soedirjo: Ormas MKGR di Era Adies Kadir Adalah Masa Keemasan

Tidak banyak orang yang tahu, bahwa kecintaan Achmad Taufan Soedirjo sebagai kader Ormas MKGR ternyata berdasar alasan biologis. Ia mengenal Ormas MKGR dari darah sang ayah. Achmad Taufan Soedirjo yang kini merupakan Wakil Ketua Umum DPP Ormas MKGR periode 2020-2025 menjelaskan hal tersebut saat menjadi narasumber konten youtube Golkarpedia ‘Batagor’ pada Selasa (24/01/2022).

“Sejak awal, secara historis, almarhum ayah saya adalah ajudan Bapak Sugandhi yang dahulu kala ayah saya turut menulis rumusan terbentuknya Ormas MKGR. Jadi dari situ, karena amanah almarhum bapak, sehingga saya melanjutkan amanah beliau untuk masuk Ormas MKGR.

Ormas MKGR atau Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong adalah organisasi yang ada di Indonesia dan didirikan pihak militer untuk membendung pengaruh Partai Komunis Indonesia.

Ormas MKGR merupakan salah satu dari tujuh Kelompok Induk Organisasi (KINO) yang turut mendirikan Golkar sebagai institusi kepartaian di Indonesia. Sekarang tujuh KINO tersebut mengerucut hanya menjadi tiga, selain Ormas MKGR ada pula SOKSI dan Kosgoro 1957.

Namun, selain alasan biologis, Achmad Taufan Soedirjo memiliki alasan logis mengapa ia menaruh hatinya pada Ormas MKGR sebagai tempat berkiprah secara politik. Bagi pria yang hendak mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI dari Dapil Jabar VII (Kabupaten Bekasi, Karawang, Purwakarta) ini, Ormas MKGR salah satu organisasi yang berhasil dalam pengkaderan anggota.

“Ormas MKGR menurut saya adalah organisasi pendiri yang sangat kuat, dan sangat besar, serta solid. Karena memang sejak saya masuk sudah dipimpin banyak orang besar. Termasuk Pak Prabowo Subianto, beliau termasuk kader Ormas MKGR. Jadi memang Ormas MKGR ini Ormas yang lengkap, secara historis sudah sangat tua, jadi kader di bawah sangat mengakar. Jadi saya semangat masuk Ormas MKGR,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, ketika ditanyakan mengenai bagaimana visi Ormas MKGR di bawah kepemimpinan Adies Kadir sebagai ketua umum, Achmad Taufan Soedirjo mengaku optimis organisasi akan bergerak semakin progresif. Apalagi melihat komposisi ketua-ketua DPD Ormas MKGR di daerah seluruh Indonesia.

“Ormas MKGR di era kepemimpinan Bapak Adies Kadir menurut saya adalah era keemasan, memunculkan banyak figur bagus. Seperti contoh ketua-ketua yang sudah Musda seperti DKI ada Basri Baco, Banten ada Andika Hazrumy, Jawa Timur ada Mas Kodrat Sunyoto dan banyak lagi,” papar Ketua Departemen Hukum DPP Partai Golkar ini.

Memang cukup banyak nama-nama tenar yang memimpin Ormas MKGR di seluruh Indonesia. Di luar nama yang sudah disebutkan, ada Taufan Pawe yang memimpin Ormas MKGR Sulsel, Bambang Hermanto sebagai Ketua Ormas MKGR Jabar, dan I Wayan Suyasa yang memimpin MKGR Bali siap membawa organisasi ini terus berkibar. Terlebih jelang Pemilu 2024, Ormas MKGR jadi salah satu faktor kemenangan Partai Golkar nanti.

“Di semua daerah hampir rata-rata ketuanya memiliki jabatan yang bagus. Di bawah Adies Kadir saya yakin perolehan suara Golkar lebih baik, karena MKGR semakin mapan secara konsolidasi,” pungkas Achmad Taufan Soedirjo. {golkarpedia}