Syabda Belawa Juara di Iran International Challenge 2023: Batu Loncatan Push Rank!

Tunggal putra Indonesia, Syabda Perkasa Belawa, bercerita soal kesuksesannya menyabet gelar juara Iran International Challenge 2023. Menurutnya, kesuksesan ini bisa menjadi batu loncatan untuk dirinya merangkak naik di peringkat dunia.

Syabda sendiri mengaku sebenarnya tak memasang target juara di Iran International Challenge 2023. Di ajang itu, dia hanya ingin mengasah permainan dan mental dalam bertanding. Sebab, dia sebelumnya jarang mentas di ajang internasional.

 

Syabda Perkasa Belawa

Tampil di Iran International Challenge 2023 sendiri sebenarnya bukan satu-satunya pilihan untuk Syabda. Dia juga punya pilihan berlaga di Thailand Masters 2023, meski statusnya masih reserve.

“Alhamdulillah, pastinya senang bisa juara di Iran. Itu juga jadi batu loncatan buat ke depannya mau nge-push rankingnya juga supaya mendekati yang atas,” kata Syabda kepada awak media, termasuk MNC Portal Indonesia, saat ditemui di Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur, pada Rabu 8 Februari 2023.

“Sebenarnya, ada dua pilihan kemarin, antara main di Thailand (Masters) tapi masih reserve. Jadi, persiapannya ke Thailand awalnya,” sambungnya.

“Terus pas di Thailand masih reserve, sama pelatih ditarik main di Iran,” ujar pemain jebolan PB Jaya Raya yang kini membela PB Djarum itu.

“Jadi, kalau dari saya pribadi mungkin pikirannya mau meningkatkan performa di setiap pertandingan. Kan tahun-tahun sebelumnya termasuk jarang bertanding. Jadi ini dapat kesempatan lebih banyak, mau lebih ngasah mental tandingnya dan di lapangan diperbaiki,” tambahnya.

Keputusan bermain di Iran International Challenge 2023 pun nyatanya tepat. Dia berhasil merengkuh gelar juara pertamanya pada musim 2023 setelah naik podium pertama di Iran International Challenge 2023 pada 5 Februari.

Hasil itu didapat Syabda setelah melibas wakil Malaysia, Justin Hoh, di partai final. Laga itu dimenangkannya lewat pertarungan tiga gim yang berakhir dengan skor 18-21, 21-12, dan 22-20.

Dengan titel tersebut, ranking pemain berusia 21 tahun itu pun meroket sangat tinggi. Dia sukses melesat 29 peringkat untuk duduk di ranking 88 dunia dengan koleksi 16.680 poin.

 

Syabda Perkasa Belawa

Pemain kelahiran Jakarta, 25 Agustus 2001 itu pun mengaku senang bisa menjadi yang terbaik di Iran. Menurutnya, titel tersebut menjadi batu loncatan untuknya agar bisa terus mendekat ke peringkat atas dunia.

Setelah ini, Syabda bakal mentas di ajang China Masters 2023. Turnamen Super 100 itu dijadwalkan berlangsung di Ruichang, China, pada 14-19 Maret, bersamaan dengan gelaran All England 2023.(Sumber)