Partai Ummat Undang 3 Bacapres di Rakernas: Anies, Gatot Hingga Prabowo

Partai Ummat bakal menggelar acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) perdana besok. Partai Ummat bakal mengundang 3 tokoh bakal calon presiden (bacapres) dalam Rakernas tersebut, yakni Anies Baswedan, Gatot Nurmantyo, dan Prabowo Subianto.

Diketahui acara itu direncanakan berlangsung pada 13-15 Februari 2023 di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur. Ketiga bacapres itu turut diundang hadir ke acara rakernas.

“Salah satu agenda di rakernas ini sebagaimana amanah AD/ART kita yaitu nanti juga memberikan rekomendasi yang sifatnya internal maupun eksternal.

Salah satu poin yang sangat relevan, terutama 11-12 bulan lagi kita akan menghelat pemilu 2024 yang insyaallah akan terlaksana, itu DPP akan merekomendasikan yaitu bakal calon presiden atau bacapres-bacapres,” kata Ketua Umum (Ketum) Partai Ummat Ridho Rahmadi dalam konferensi pers persiapan Rakernas secara virtual, Minggu (12/2/2023).

Ridho mengatakan bacapres yang diusulkan dari struktur partai itu telah sesuai dengan kriteria-kriteria sosok capres yang dirumuskan. Ketiga sosok bacapres yang diusulkan Partai Ummat, yakni Anies, Gatot, dan Prabowo.

“Ini yang kita usulkan tentunya yang sesuai kriteria-kriteria Partai Ummat yang akan diumumkan di hari ketiga. Apa saja kriterianya, kita sudah punya drafnya, tapi secara formal itu adalah output dari rakernas.

Dan yang juga akan kita undang bacapres-bacapres tersebut berdasarkan aspirasi, masukan yang kita capture dari pengurus Partai Ummat di wilayah. Insyaallah kita undang tiga, nanti ada Pak Anies Baswedan, Pak Gatot Nurmantyo, dan Pak Prabowo Subianto,” ujar Ridho.

Meski para bacapres direncanakan hadir, Ridho menuturkan sejauh ini baru Anies dan Gatot yang memberikan konfirmasi kehadiran. Dia mengatakan pihaknya masih terus memastikan Prabowo turut hadir ke rakernas partainya.

“Sampai hari ini yang sudah konfirmasi itu Pak Anies, kemudian juga Pak Gatot. Kita harapkan juga nanti ada follow up dari Pak Prabowo,” katanya.

Lebih lanjut, Ridho mengatakan para bacapres bakal menyampaikan gagasan dan ide mereka. Ridho menyebut Anies dan Gatot diagendakan bakal menyampaikan pemaparannya pada Selasa (14/2).

“Untuk bacapres-bacapres tersebut supaya dapat kita gali gagasan dan ide-idenya, itu kita akan membuat satu forum di mana mereka bisa menyampaikan pemaparan-pemaparan beliau. Insyaallah Pak Anies akan hadir dan kemudian menyampaikan paparannya itu hari Selasa, tanggal 14, jam 13.30 WIB. Kemudian Pak Gatot di hari yang sama, tapi di jam yang berbeda, jam 19.30 WIB, malam hari,” kata Ridho.

Soal apakah Partai Ummat telah berkomunikasi dengan Partai NasDem karena mengundang bakal capresnya, Anies, ke acara rakernas tersebut, Ridho mengaku sejauh ini belum melakukan komunikasi secara resmi.

“Sejauh ini belum ada komunikasi yang sifatnya resmi. Kita Partai Ummat setelah verifikasi faktual adalah fokusnya konsolidasi internal termasuk juga persiapan rakernas ini,” ujarnya.(Sumber)