Ini Alasan Pelatih Bulutangkis Indonesia Herry IP Dijuluki Naga Api

ALASAN pelatih bulu tangkis Indonesia, Herry IP dijuluki Naga Api akan Anda ketahui di artikel ini. Ya, informasi mengenai alasan kenapa pelatih bulu tangkis Indonesia Herry IP dijuluki Naga Api menarik untuk diketahui.

Bagi penggemar olahraga tepuk bulu tentu sudah tidak asing dengan pelatih kawakan yang satu ini.

 

Herry IP bukan hanya dikenal oleh kalangan pencinta bulu tangkis Tanah Air saja, namun ia juga dikenal di dunia karena kehebatannya dalam membentuk atlet bulu tangkis hebat. Salah satu murid terbaik Herry IP adalah pasangan ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Membahas mengenai Herry IP tentu tidak asik jika tidak menyinggung mengenai julukannya, yakni Naga Api. Lantas apa alasan pelatih bulu tangkis Indonesia Herry IP dijuluki Naga Api?

Herry IP bersama Fajar/Rian

Herry IP atau Herry Iman Pierngadi dalam film dokumenter yang diunggah oleh Gabriel Luciana dalam kanal Youtubenya menceritakan mengenai asal muasal julukan tersebut.

Pelatih berusia 60 tahun rupanya tidak tahu menahu mengenai alasan kenapa dirinya disebut sebagai Naga Api. Pasalnya, julukan tersebut dibuat oleh BL (Badminton Lovers) asal China.

“Naga itu kan (diberi) badminton lovers (BL) dari China. Karena memang kalau naga itu, kalau di China paling hebat paling kuat gitu. Seinget saya yang ngasih nama Coach Naga Api itu BL dari China. Karena kita banyak bertanding banget di China,” kata Herry IP, Kamis (16/2/2023).

Meski mendapatkan julukan Naga Api, rupanya Herry IP terima saja dan justru menikmati julukan yang kini sudah sangat melekat pada sosoknya.

 

Karier Herry IP

Perjalanan karier Herry IP sendiri terjadi cukup panjang. Sebelum menjadi seorang pelatih handal, Si Naga Api rupanya mengawali kariernya sebagai pebulu tangkis.

 

Herry IP tertarik pada bulu tangkis sejak duduk di bangku sekolah dasar (SD) pada tahun 70-an. Karena minatnya pada dunia tepuk bulu begitu besar, Herry IP akhirnya bergabung di salah satu klub bulu tangkis di Jakarta Barat.

Setelah itu, Herry IP memutuskan untuk pindah dan bergabung bersama klub yang lebih besar yakni PB16. Dari sinilah ia mulai lebih serius dan terarah dalam berlatih bulu tangkis.

Pelatih ganda putra PBSI, Herry IP

Singkatnya, Herry IP pun akhirnya menjadi pebulutangkis yang handal. Ia bahkan pernah masuk pelatnas pada 1984-1985. Sayangnya, pada 1988 ia mengalami cedera kaki yang cukup serius sehingga ia tidak bisa melanjutkan kariernya sebagai pemain.

Herry lalu mendapatkan tawaran untuk menjadi pelatih bulu tangkis di klub Tangkas dari Lius Pongoh. Ia pun mau dan akhirnya Herry IP menjadi pelatih pemain ganda di klub tersebut sejak 1989-1992.

Kiprahnya yang apik sebagai pelatih membuatnya dipanggil oleh PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia) pada 1993. Ia pun tampil moncer hingga dikenal luas sampai saat ini.

Demikian pembahasan mengenai Alasan Pelatih Bulu Tangkis Indonesia Herry IP Dijuluki Naga Api.(Sumber)