Mercedes Luncurkan Mobil Terbaru di F1 2023, Lewis Hamilton: Saya Takjub!

PEMBALAP Mercedes, Lewis Hamilton kagum dengan mobil baru timnya untuk Formula One (F1) 2023. Baginya, evolusi dari jet darat Mercedes itu jadi hal yang menarik untuk ditunggangi di F1 2023.

Lebih jauh, pembalap asal Inggris itu bakal mengoptimalkan mobil terbarunya untuk bersaing di F1 musim depan. Ia pun cukup terkesan dengan perubahan jet daratnya.

“Saya telah menjadi bagian dari tim ini selama lebih dari satu dekade dan upaya semua orang tidak pernah berhenti membuat saya takjub,” kata Lewis Hamilton dilansir dari Metro, Kamis (16/2/2023).

“Melihat evolusi mobil dan perubahan yang telah dilakukan, itu sangat menarik. Kami telah mendesain ulang, mengoptimalkan, dan menginovasi begitu banyak bagian mobil dan itu mengesankan. Saya suka livery baru ini,” tambahnya.

Untuk diketahui, livery baru mobil Mercedes W14 menampilkan warna hitam yang sangat gagah dengan balutan garis berwarna toscha khas sang sponsor, Petronas. Warna tersebut sangat mirip dengan yang mereka gunakan pada musim 2020 dan 2021 sebelum akhirnya mengenakan warna perak tradisional pada musim lalu.

Livery hitam tersebut digunakan sebagai sarana untuk mempromosikan keragaman dalam olahraga yang berhubungan dengan gerakan yang mendukung para atlet kulit hitam, yakni Black Lives Matter. Hal itu jelas relevan karena FIA semakin berupaya untuk menghentikan para pembalap membuat pernyataan politik, termasuk soal rasisme.

 

Kehadiran jet darat terbaru Mercedes ini sekaligus memicu dirinya untuk bisa bersaing lagi di F1 2023. Sebab sebelumnya, ia tak mampu memenangkan satu balapan pun di F1 2022, dan finis keenam di klasemen akhir dengan selisih 214 poin dari sang juara, Max Verstappen.

Hal itu disebabkan oleh performa buruk dari Mercedes W13, yang mengalami masalah porpoising yang sangat parah sejak awal hingga pertengahan musim. Alhasil, Mercedes kehilangan dominasi mereka di F1 selama delapan tahun terakhir yang ditandai dengan satu-satunya kemenangan yang diraih oleh George Russel di Brasil.(Sumber)