Tekno  

Tak Mau Ketinggalan, Spotify Hadirkan DJ Musik Berbasis AI

Gak mau kalah, platform streaming musik Spotify sebentar lagi akan memperkenalkan fitur baru yang dilengkapi dengan AI.

Kecerdasan Buatan ini akan menjadi DJ Radio yang akan menawarkan pilihan musik dengan komentar suara ala-ala DJ tapi menggunakan suara AI. Spotify mengklaim kalau suara DJ ini sangat realistis.

Dilansir dari Gizchina, Kamis, (23/02), Spotify DJ bertenaga AI ini akan meningkatkan dan mempersonalisasi pengalaman mendengarkan musik bagi penggunanya.

DJ berbasis AI ini akan mengetahui minat pengguna dan memutar album yang mereka sukai.

Baca juga: Selain ChatGPT, Kalian Bisa Ngobrol Virtual Bareng 3 Chatbot AI ini

Singkatnya, mereka bekerja secara otomatis tanpa harus didikte untuk memutar album kesukaan kalian dan ini akan sangat berguna ketika kalian sedang tidak mood untuk memilih-milih lagu.

Saat ini, fitur DJ AI ini masih dalam pengujian beta dan hanya tersedia dalam Bahasa Inggris saja. Dua negara awal yang akan merasakan fitur ini adalah pelanggan premium di Kanada dan AS.

 

Perusahaan telah mempersiapkan kombinasi berbagai fitur untuk DJ versi terbaru mereka, kehadiran AI ini juga ditandai dengan akuisisi Sonantic yang merupakan platform suara AI pada tahun 2022 kemarin.

Nantinya, lewat fitur ini, para expert seperti penulis, kurator hingga editor musik bisa mengakses teknologi Generatif AI untuk meningkatkan wawasan mereka soal musik, genre dan juga artis.

Baca juga: Bard, Rival ChatGPT yang Resmi Diluncurkan Google

Nantinya, fitur DJ ini akan ada di tab Music di bagian atas Home Screen, dan jika sudah ada, card DJ ini akan muncul di feed atas kalian dengan ikon lingkaran.

Setelah itu, DJ akan mulai mempersonalisasikan Feeds kalian dan memutar lagu kesukaan kalian.(Sumber)