3 Pebulutangkis Yang Pernah Jadi Pasangan Hendra Setiawan di Turnamen BWF

3 pebulu tangkis yang pernah jadi pasangan Hendra Setiawan di turnamen BWF menarik untuk diulas di artikel ini. Ya, Hendra Setiawan merupakan pebulu tangkis legendaris Indonesia yang memiliki segudang prestasi di nomor ganda putra.

Selama kariernya di olahraga tepak bulu, Hendra Setiawan beberapa kali ganti pasangan di turnamen BWF. Meski dipasangkan dengan atlet berbeda, pebulu tangkis 38 tahun asal Pemalang tersebut mampu mengukir sejumlah prestasi. Lantas, siapa sajakah pebulu tangkis yang pernah jadi partner Ko Hen -panggilan akrab Hendra Setiawan?

Hendra Setiawan

Berikut 3 Pebulu Tangkis yang Pernah Jadi Pasangan Hendra Setiawan di Turnamen BWF:

3. Tan Boon Heong

Tan Boon Heong dan Hendra Setiawan

Perlu diketahui, Tan Boon Heong adalah pebulu tangkis asal Malaysia. Meski begitu, Hendra Setiawan sempat berpasangan dengan Tan Boon Heong pada 2017. Sebagai pasangan beda negara, Hendra Setiawan/Tan Boon Heong bertanding atas nama pribadi atau dengan biaya sendiri.

Tercatat, Hendra Setiawan/Tan Boon Heong mampu melaju ke semifinal di China Master 2017. Namun di semifinal turnamen BWF yang berlangsung pada pertengahan April 2017 itu, mereka kalah dari pasangan yang menjadi juara yakni Cheng Hung Ling/wang Chi-lin (Taiwan).

Setelah itu, Hendra Setiawan/Tan Boon Heong melaju ke final Australia Open 2017, sebelum kalah dari Takeshi Kamura/Keigo Sonoda asal Jepang. Total, 18 turnamen yang mereka jalani bersama sepanjang 2017, namun tak ada satu pun gelar juara.

2. Markis Kido

Hendra Setiawan dan Markis Kido

Markis Kido merupakan pebulu tangkis legendaris Indonesia yang juga pernah berpasangan dengan Hendra Setiawan di turnamen BWF. Pasangan tersebut pernah meraih peringkat tertinggi nomor 1 dunia pada 27 September 2007.

Bahkan, Hendra Setiawan/Markis Kido sukses memenangkan medali emas Olimpiade Beijing 2008. Sebelum itu, Hendra/Kido menjuarai Hong Kong Open 2006 yang menjadi gelar pertama mereka.

Setahun kemudian, Hendra/Kido juga berhasil meraih gelar BWF Championship 2007. Pada saat itu, Hendra/Kido berhasil mengalahkan Chung Jae Sung/Lee Yong Dae (Korea Selatan) di partai final.

Selain itu, Hendra Setiawan/Markis Kido juga mendulang prestasi lainnya seperti juara Asian Badminton Championship 2005, medali emas di Asian Games 2010, dan sejumlah titel lainnya di turnamen BWF.

 

1. Mohammad Ahsan

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Terakhir, Mohammad Ahsan adalah salah satu pasangan terbaik Hendra Setiawan setelah Markis Kido. Sejak di penghujung 2012, Hendra Setiawan berpasangan dengan Mohammad Ahsan.

The Daddies -julukan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan sukses meraih gelar BWF World Championship tiga kali, yakni pada 2013, 2015, dan 2019. Mereka juga mampu merebut gelar juara All England 2014 dan 2019 di nomor ganda putra.

The Daddies pernah menguasai peringkat tertinggi BWF, yakni ranking 1 dunia pada 25 Desember 2013. Kini, mereka masih aktif bermain dan menempati peringkat ketiga dunia.(Sumber)