News  

Doa Awal Ramadhan, Agar Kita Diberikan Kelancaran Berpuasa

Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari. Pada bulan ini, umat Muslim diwajibkan untuk berpuasa dan meningkatkan ibadahnya kepada Allah SWT.

Pasalnya, di bulan Ramadhan ini, dipercaya kalau ketika beribadah, itu akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT.

Di bulan Ramadhan juga banyak doa-doa yang dipanjatkan agar diberi kelancaran oleh Allah SWT berpuasa penuh. Doa-doa yang dipanjatkan itu juga meminta perlindungan atas keselamatan, kelancaran, hingga terhindar dari hal-hal maksiat selama bulan Ramadhan.

Lalu apa saja doa-doa yang dipanjatkan di awal Ramadhan untuk diberikan kelancaran selama satu bulan penuh berpuasa? Mengutip NU Online, berikut beberapa kumpulan doa awal Ramadhan yang dapat dibaca oleh umat Muslim.

1. Awal Ramadhan sangat dianjurkan memohon kepada Allah seperti beberapa doa Rasulullah SAW. Dalam doa Rasulullah SAW diriwayatkan Imam At-Thabarani dan Imam Ad-Dailami:

Allhumma sallimn li Ramadhna, wa sallim Ramadhna l, wa sallimhu minn.

Artinya, “Ya Allah, selamatkanlah aku (dari penyakit dan uzur lain) demi (ibadah) Bulan Ramadhan, selamatkanlah (penampakan hilal) Ramadhan untukku, dan selamatkanlah aku (dari maksiat) di Bulan Ramadhan.”

2. Doa lain yang dipanjatkan Rasulullah SAW saat menyambut bukan Ramadhan, diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud:

Hillu rusydin wa khairin (2 kali), mantu bil ladz khalaqaka, (3 kali), alhamdulillhil ladz dzahaba bi syahri kadz, wa j’a bi syahri kadz.

Baca Juga:
Ramadhan Sebentar Lagi, Waktunya Berburu Resep. Ini Resep Wedang Rumput Laut, Minuman Sejuta Manfaat

Artinya, “Bulan petunjuk dan kebaikan (2 kali). Aku beriman kepada Tuhan yang menciptakanmu (3 kali). Segala puji bagi Allah yang menghilangkan bulan itu, dan mendatangkan bulan ini,” (HR Abu Dawud).

3. Ketika hilal menandakan masuknya bulan Ramadhan juga terdapat doa yang dipanjatkan Rasulullah SAW.

Dalam karya thafu Ahlil Islam bi Khususiyatis Shiyam, berikut doa yang dipanjatkan oleh Rasulullah SAW ketika melihat hilal.

Allhu akbaru, l haula wa l quwwata ill billhil ‘aliyyil ‘azhmi. Allhumma inn as’aluka khaira hdzas syahri, wa a‘dzu bika min syarril qadari, wa min syarril mahsyari.

Artinya, “Allah maha besar. Tiada daya dan upaya kecuali berkat pertolongan Allah yang maha agung. Aku memohon kepada-Mu kebaikan bulan ini (Ramadhan). Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan takdir dan keburukan mahsyar.”

Itu dia kumpulan doa yang dapat dibaca dalam menyambut bulan Ramadhan. Dengan membaca doa tersebut, diharapkan agar selama Ramadhan diberi keberkahan, kelancaran, dan kesehatan saat berpuasa.(Sumber)