Ini 5 Anime Sepakbola Tak Kalah Seru Dari Blue Lock

elain Haikyuu!, salah satu anime bertema olahraga yang sedang populer akhir-akhir ini adalah Blue Lock. Mengambil tema sepak bola, Blue Lock bercerita tentang sekelompok siswa SMA yang bercita-cita menjadi pemain sepak bola terbaik sedunia.

Anime bertema sepak bola tidak hanya Blue Lock. Masih ada beberapa anime tentang sepak bola yang tidak kalah seru. Kalau kamu suka Blue Lock, berikut rekomendasi anime sepak bola yang sayang untuk kamu lewatkan!

1. Giant Killing (2010)

Giant Killing (Lost in Anime)
Giant Killing (Lost in Anime)

Giant Killing mengisahkan lika-liku seorang pelatih sepak bola bernama Tatsumi dalam memajukan kesebelasan kecilnya agar dapat memenangkan kompetisi tingkat nasional.

Tatsumi harus berkerja keras, sebab mengangkat nama tim kecil bukanlah pekerjaan mudah. Tidak seperti anime sepak bola lain yang fokus pada para pemain, anime ini menceritakan sepak bola dari sudut pandang seorang pelatih.

2. Area No Kishi (2012)

Area No Kishi (IMDb)
Area No Kishi (IMDb)

Area no Kishi bercerita tentang seorang siswa SMA bernama Kakeru yang tidak percaya diri pada kemampuannya bermain bola. Ia lebih memilih menjadi manajer tim sepak bola di sekolahnya.

Sementara itu, sang kakak yang percaya bahwa Kakeru memiliki potensi lebih, bersikeras meyakinkan Kakeru untuk bergabung dalam tim sepak bola.

3. Days (2016)

Days (Anime Mega)
Days (Anime Mega)

Days menceritakan seorang remaja pemalu bernama Tsukamoto yang pendiam, canggung, dan sulit berteman. Ketika masuk SMA, ia bertemu dengan Kazama yang tanpa ragu mengajak Tsukamoto bermain bola. Tawaran itu langsung Tsukamoto terima sebab ini kali pertama ada orang lain yang mengajaknya bermain.

Belakangan, ia sadar bahwa yang Kazama maksud adalah mengajak Tsukamoto masuk dalam klub sepak bola. Tsukamoto yang terlanjur masuk dalam klub, harus membiasakan diri dan berbaur dengan teman-teman barunya.

4. Clean Freak! Aoyama-Kun (2017)

Clean Freak! Aoyama-Kun (IMDb)
Clean Freak! Aoyama-Kun (IMDb)

Clean Freak! Aoyama-Kun bercerita tentang seorang siswa SMA anggota kesebelasan timnas Jepang U-16 yang gila kebersihan.

Pesepakbola bernama Aoyama ini selalu menjadi pusat perhatian karena ketampanan dan kelincahannya. Namun, karena gila kebersihan, Aoyama tak pernah menyundul bola maupun melakukan tackle terhadap lawan.

5. Ao Ashi (2022)

Ao Ashi (Lost in Anime)
Ao Ashi (Lost in Anime)

Ao Ashi mengisahkan seorang siswa SMP bernama Ashito Aoi yang sangat menyukai sepak bola. Ia dan timnya berencana memenangkan turnamen agar dapat masuk ke SMA sepak bola favorit. Namun karena keegoisan Ashito, timnya jadi kalah dan gagal masuk SMA favorit.

Ashito melampiaskan emosi dengan berlari di tepi pantai. Tak disangka, Ashito menarik perhatian salah satu pelatih sepak bola yang kebetulan ada di sana.

Nah, itu dia anime sepak bola serupa Blue Lock yang sayang untuk kamu lewatkan. Kalau kamu suka dengan anime-anime di atas, jangan lupa tambahkan dalam watchlist, ya!.(Sumber)