News  

4 Menu Makanan Sehat Untuk Buka Puasa Ala Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW dapat menjadi inspirasi kita ketika menjalani ibadah puasa. Sebab, terdapat menu makanan buka puasa Nabi Muhammad SAW yang sederhana sekaligus menyehatkan bagi tubuh. Cocok diterapkan kala puasa nanti.

Dalam Islam dianjurkan menyegerakan buka puasa. Selain itu tidak memakan makanan berlebihan saat buka puasa. Bahkan Nabi Muhammad SAW hanya menyantap beberapa makanan atau minuman saja ketika puasa.

Meski begitu, ketika diteliti ternyata makanan dan minuman yang disantap Nabi Muhammad SAW sangat menyehatkan bagi tubuh. Berikut ini 4 menu yang dimaksud.

 

1. Kurma dan Air Putih

Nabi Muhammad SAW menganjurkan mengonsumsi menu tertentu pada saat buka puasa.Dalam hadis riwayat At-Tirmidzi dikatakan:

“Apabila kamu ingin berbuka, berbukalah dengan kurma. Jika tidak ada, minumlah air putih karena ia suci,” (HR At-Tirmidzi).

 

Ada dua menu buka puasa yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW, yaitu kurma dan air putih. Dalam Mir’atul Mafatih, Al-Mubarakfuri menjelaskan bahwa kurma sangat baik dikonsumsi ketika berbuka.

Kurma termasuk makanan pokok yang dapat menguatkan tubuh, terutama menyegarkan mata, setelah puasa seharian. Demikian pula dengan air putih, ia suci dan bersih, dan sangat baik dikonsumsi sebelum mencicipi menu buka puasa lainnya.

2. Susu

Menu lainnya yang dikonsumsi Nabi Muhammad SAW adalah susu. Perlu diketahui kalau susu dinikmati Rasulullah ketika buka puasa dan sahur. Selain sesuai dengan perilaku Nabi, susu juga memberikan manfaat bagi tubuh.

Susu memiliki kandungan vitamin, protein dan kalsium yang banyak sehingga bagus untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh selama puasa.

3. Madu

Madu merupakan salah satu menu Nabi Muhammad SAW ketika berbuka puasa. Harus diakui kalau madu memang memiliki banyak manfaat Al Quran surat An-Nahl Ayat 68-69 dijelaskan pula kalau madu dapat menjadi obat bagi manusia.

“Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda kebesaran Rabb bagi orang-orang yang memikirkan (QS. An-Nahl Ayat 68-69).

Dari segi kesehatan menikmati madu juga dapat berpengaruh kepada kondisi tubuh di bulan puasa. Madu bisa menjaga kadar gula tetap terjaga dan kebugaran tubuh.

4. Buah Zaitun

Terakhir buah zaitun. Buah ini juga dikenal akan khasiatnya yang bagus bagi tubuh. Bahkan dalam hadis dari Abi Usaid Al-Anshari dia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: Makanlah minyak zaitun! Sesungguhnya ia diberkahi. Berlauklah dengannya dan berminyaklah dengannya! Sesungguhnya ia keluar dari pohon yang diberkahi,” (HR. Ahmad, Ad Darimi dan Tirmidzi).

Berdasarkan hadis tersebut, maka bisa dikatakan kalau zaitun yang penuh berkah ini dianjurkan untuk menjadi lauk untuk buka puasa.

Oke, itu tadi 4 menu makanan dan minuman Nabi Muhammad untuk buka puasa. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi kita dalam menjalankan kegiatan buka puasa.(Sumber)