Tekno  

Cara Mudah Menggunakan ChatGPT, Ini Tahapannya

ChatGPT belakangan tengah naik daun di media sosial. Berdasarkan laman open AI, Chat GPT merupakan platform chatbot artificial intelligence (AI) yang dikembangkan OpenAI, sebuah perusahaan riset teknologi kecerdasan buatan asal Amerika Serikat.
Chatbot ini dirilis pada November 2022 dan diciptakan agar bisa berinteraksi dengan manusia melalui percakapan. Sederhananya, ChatGPT akan memberikan informasi dan tanggapan atas pertanyaan yang diajukan pengguna dengan teknologi AI tersebut.

Cara Kerja ChatGPT

Ilustrasi ChatGPT. Foto: Iryna Imago/Shutterstock
Ilustrasi ChatGPT. Foto: Iryna Imago/Shutterstock
Platform ini bisa dipakai untuk membuat teks sesuai perintah, mencari jawaban dari pertanyaan apa pun dalam bentuk teks, menyelesaikan masalah pengodean, hingga membuat dialog percakapan dan puisi dalam berbagai bahasa.
Dikutip dari laman Bussines Insider, perusahaan pengembang ChatGPT menjelaskan, hingga kini platfrom ini masih dalam tahap pengembangan. Sehingga bisa saja chatbot AI tersebut memberikan informasi atau konten yang tidak tepat.
Laporan tersebut dikuatkan pada keterangan laman resmi ChatGPT, bahwa pengetahuan dari chatbot AI tersebut masih terbatas pada kejadian yang terjadi sampai 2021. Bagi yang penasaran ingin menggunakannya, simak petunjuknya di bawah ini.

Cara Menggunakan ChatGPT

  Cara Menggunakan ChatGPT. Foto: Tangkapan layar ChatGPT
Cara Menggunakan ChatGPT. Foto: Tangkapan layar ChatGPT
Cara menggunakan ChatGPT bisa dilakukan dengan mengakses platform ini melalui peramban komputer maupun ponsel.
Cara Menggunakan ChatGPT
Berikut cara menggunakan chatbot Open AI yang bisa diikuti:
1. Kunjungi Situs Open AI
Kunjungi tautan https://chat.openai.com/auth/login pada peramban bisa melalui komputer atau melalui ponsel.
2. Buat Akun Open AI
Buat akun Open AI dengan memasukkan alamat email aktif yang sedang dipakai. Agar lebih mudah, kamu bisa mendaftar dan login menggunakan akun Google atau akun Microsoft yang dimiliki.
3. Lakukan Verifikasi Akun
Selanjutnya Open AI akan meminta kamu untuk melakukan verifikasi dengan memasukkan nomor telepon yang digunakan. Setelah itu, sistem akan memberikan kode OTP untuk masuk situs ChatGPT.
4. Setujui Ketentuan dan Persyaratan
Setelah berhasil membuat akun, setujui syarat dan ketentuan saat menggunakan ChatGPT. Selanjutnya klik ‘Next’ untuk membaca keseluruhan syarat dan ketentuan yang diajukan kemudian klik ‘Done’ jika sudah selesai.
5. Masukkan Perintah atau Pertanyaan
Gunakan ChatGPT dengan mengeklik tombol ‘+New Chat’ pada kolom yang tersedia. Jika sudah selesai, klik ikon pesawat kertas di samping kotak.
6. Selesai
ChatGPT akan menjawab pertanyaan kamu yang diproses dengan AI. Kamu bisa mendapatkan jawaban yang berbeda jika mengetuk tombol ‘Try Again’.
Itulah cara menggunakan ChatGPT yang bisa dilakukan melalui berbagai perangkat. Kamu juga bisa memberikan masukan atau feedback dengan mengeklik tanda jempol ke atas atau ke bawah untuk setiap jawaban yang diberikan.
Setelah memiliki akun Open AI, kamu bisa menggunakan Chat GPT tersebut kapan saja dan di mana saja. Selain itu, riwayat pertanyaan yang sudah diajukan akan terekam pada tampilan pojok kiri atas situs ChatGPT. Semoga informasi di atas bermanfaat.