News  

Doa Berbuka Puasa Ramadhan Sesuai Sunnah, Bukan Allahumma Laka Sumtu

Doa berbuka puasa di bulan Ramadhan sesuai tuntunan Sunnah ternyata bukan seperti yang umum diucapkan, yakni Allahumma laka sumtu.

Doa berbuka puasa di bulan Ramadhan adalah salah satu doa yang sangat penting bagi umat Muslim, karena dengan doa tersebut, umat Muslim memohon rahmat dan berkah dari Allah Ta’ala.

Doa berbuka puasa harus dilakukan sesuai dengan tuntunan Sunnah, yaitu dengan membaca doa yang telah diajarkan oleh Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam.

Ternyata tuntunan doa berbuka puasa Ramadhan yang sesuai tuntunan sunnah Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam ini bukanlah Allahumma Laka Sumtu.

 

Melainkan doa seperti tertera di bawah ini yang memiliki pendapat yang kuat untuk dihapalkan.

Berikut adalah doa berbuka puasa yang sesuai dengan tuntunan sunnah Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam.

“Dzahaba al-zamau’ wa abtallat al-‘uruuq wa thabata al-ajr insha Allah”

yang memiliki arti, “Telah hilang rasa dahaga, urat-urat kembali segar, dan akan tetap mendapatkan pahala dengan izin Allah.”

Doa ini sangat dianjurkan untuk dibaca ketika berbuka puasa karena sesuai tuntunan yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam, seperti dalam hadits Ibnu Umar radhiallahu’anhu.

“Biasanya Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam jika berbuka beliau berdoa, ‘dzahabazh zhama’u wabtallatil ‘uruuqu wa tsabatal ajru insyaallah’” (H.R. Al-Bazzar dalam Musnad-nya [5395], An-Nasa’i dalam Sunan Al-Kubra [3315], Ath-Thabrani dalam Mu’jam Al-Kabir [14097], Ad-Daruquthni dalam Sunan-nya [279], Al-Hakim dalam Mustadrak-nya [1536]).

Doa ini memohon kepada Allah Ta’ala agar memberikan kekuatan pada tubuh kita setelah berpuasa seharian dan agar kita tetap mendapatkan pahala dari puasa yang telah dilakukan.

Dalam menjalankan ibadah puasa, umat Muslim diwajibkan untuk berpuasa dengan benar dan sesuai dengan tuntunan Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam.

Salah satu cara untuk mengikuti tuntunan Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam adalah dengan membaca doa berbuka puasa sesuai dengan tuntunan Sunnah.

Dengan membaca doa tersebut, umat Muslim akan mendapatkan berkah dan rahmat dari Allah Ta’ala.

Semoga kita semua selalu istiqomah dalam menjalankan ibadah puasa dan mendapatkan ridha dari-Nya. Amin.(Sumber)