News  

4 Menu Sahur Pilihan Bagi Para Penderita Hipertensi

Menjalankan ibadah puasa memang menjadi kewajiban bagi setiap umat muslim. Namun untuk Anda yang menjalankan ibadah ini dengan kondisi hipertensi, terdapat menu khusus yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur.

Beberapa menu sahur untuk penderita hipertensi dapat Anda lihat di bawah ini.

Selama kondisi tubuh seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi stabil, maka ibadah puasa adalah hal yang boleh saja dilakukan. Maka untuk mendukung stabilitas kondisi tubuh ini diperlukan asupan makanan yang tepat, terutama saat sahur untuk mencegah gejala hipertensi kambuh.

Beberapa menu sahur untuk penderita hipertensi antara lain adalah sebagai berikut.

1. Nasi Goreng Sayur

Opsi pertama ini adalah nasi goreng sayur. Saat membuatnya, gunakan minyak zaitun yang kaya lemak sehat dan antioksidan sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Untuk tambahan toppingnya, Anda dapat memberikan beragam jenis sayuran seperti brokoli, sawi, kacang polong, dan sayuran lain.

Sayuran hijau ini bisa membantu menyingkirkan kelebihan garam di dalam tubuh melalui urine. Sangat bermanfaat untuk menjaga tekanan darah tetap stabil bukan?

2. Sandwich Roti Gandum

Anda juga bisa mencoba sandwich roti gandum. Diungkapkan dalam sebuah penelitian bahwa kandungan serat dan nutrisi pada gandum dapat membantu mencegah lonjakan tekanan darah. Hal ini juga disebabkan karena gandum utuh memiliki kandungan vitamin B dan karbohidrat kompleks.

Setangkup roti gandung dengan telur dadar atau telur ceplok bisa menjadi hidangan yang lezat sekaligus sehat. Namun demikian agar lebih optimal, disarankan menggunakan bagian putih telurnya saja untuk menghindari kadar kolesterol yang terlalu tinggi.

Tambahkan beberapa jenis sayuran untuk menambah kandungan serat yang ada di dalam menu sahur Anda ini.

3. Konsumsi Ikan Sarden

Kemudian Anda juga dapat memasukkan ikan sarden ke dalam menu sahur yang dikonsumsi. Kandungan asam lemak omega-3 yang ada di dalam sarden mampu membantu mengendalikan tekanan darah dan mengurangi peradangan yang terjadi.

Lengkapi sajian ikan sarden ini dengan lauk pendamping yang tinggi serat. Selain dapat membantu untuk menjaga kesehatan pencernaan, lauk dengan kandungan serat yang kaya juga dapat membantu Anda untuk kenyang lebih lama.

4. Oatmeal Susu dan Buah

Terakhir menu sahur yang direkomendasikan untuk penderita hipertensi adalah oatmeal susu dan buah. Makanan rendah lemak dan natrium ini dapat membantu Anda menurunkan tekanan darah, dan mengandung serat yang tinggi.

Tambahan buah-buahan baik untuk penderita hipertensi, seperti pisang, alpukat, atau beri. Untuk menutup sahur Anda, minum segelas susu.

Menu-menu di atas bisa menjadi pilihan untuk santap sahur penderita hipertensi. Namun, sebelum menyajikannya, sangat direkomendasikan agar anda terlebih dahulu konsultasi dengan dokter.(Sumber)