Tekno  

Ini Cara Hemat Kuota Agar Internetan Makin Nyaman Saat Mudik

Kita mulai memasuki musim mudik Lebaran 2023. Mudik tahun ini terasa berbeda dengan tiga tahun terakhir, karena pembatasan COVID-19 yang sudah dicabut membuat semakin banyak orang yang akhirnya bisa pulang kampung melepas kangen bertemu dengan keluarga besarnya.

Bagi kamu yang memilih mudik tahun ini, ada satu hal yang perlu diperhatikan: Kuota seluler. Di kampung halaman belum tentu ada WiFi, dan tak selamanya kita terhubung ke WiFi. Kehabisan kuota di tengah-tengah mudik adalah hal yang tak satu pun dari kita inginkan.

Satu sisi, ini mungkin bisa jadi kesempatan untuk menurunkan screen time dan lebih banyak berinteraksi dengan keluarga. Namun, tetap saja, kehabisan kuota adalah sebuah bencana yang tak ingin kita alami.
Berikut tips yang bisa diikuti untuk menghemat kuota selama mudik.

Download video dan musik pakai internet rumah sebelum berangkat mudik
Musik dan video memakan kuota cukup banyak. Sementara itu, kita butuh banyak hiburan setidaknya untuk mengisi waktu selama perjalanan.

Kamu bisa download musik di Spotify, YouTube Music, atau aplikasi streaming musik, selagi akun kamu premium. Download lagu dan album favorit sebelum mudik agar kuota internet tak terpakai dan kamu tidak mati gaya di jalan.

Kamu juga bisa mengunduh video dari YouTube, atau serial TV dan film favorit dari platform streaming video on demand seperti Netflix, Disney+ Hotstar, Vidio, dan lainnya. Lagi-lagi tujuannya agar kamu tidak kehabisan konten untuk menghibur diri selama mudik.

Main game offline
Untuk mengisi waktu luang, game adalah opsi yang menarik. Namun, karena sinyal tidak selalu tersedia di semua tempat. Dari pada mengamuk karena ping ketinggian, kamu direkomendasikan menginstal game offline.
Agar hemat kuota, kamu bisa download game offline sebelum mudik. Kamu bisa memilih genre kesukaan kamu, mulai dari puzzle, action, bercocok tanam, perang, hingga simulasi. Pilih sesuai selera.

Matikan update aplikasi otomatis
Hal lain yang bisa menguras kuota adalah update aplikasi. Jika pengaturan update otomatis menyala, maka HP kamu akan memperbarui aplikasi tanpa kamu sadari, dan menguras kuota sedalam-dalamnya –lebih dalam dari THR keponakan yang menguras dompet.

Solusinya, kamu bisa mematikannya di pengaturan Google Play Store atau Apple App Store. Matikan secara total atau bisa mengaktifkan update aplikasi “hanya jika terhubung ke WiFi”.

Tutup aplikasi yang berjalan di background sistem HP
Beberapa aplikasi, tanpa disadari, berjalan di latar belakang (background) sistem HP dan menyedot kuota. Kamu perlu sering-sering bersihkan aplikasi yang berjalan di background. Tak hanya bisa menghemat kuota, tapi juga menghemat baterai perangkat.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghentikan latar belakang. Pertama, yang paling instan bisa dengan bersihkan RAM. Biasanya ada widget bawaan OS yang membersihkan memori RAM. Opsi ini menutup aplikasi yang masih terbuka.

Cara kedua adalah dengan mengaktifkan mode hemat daya. Mode ini meminimalisasi aplikasi tidak penting berjalan di background, sekaligus menonaktifkan sementara sinkronisasi aplikasi.

Namun ini tidak cukup, karena aplikasi masih bisa berjalan. Pengguna bisa menemukan aplikasi mana yang paling memakan sumber daya di background, dan mematikannya. Kamu bisa buka pengaturan, lalu cari “background app” atau “aplikasi latar belakang”. Biasanya akan ditampilkan aplikasi berat yang berjalan di background. Pilih dan matikan aplikasi tersebut.

Aktifkan mode hemat data media sosial
Media sosial juga mengkonsumsi banyak kuota. Ada solusi yang bisa diterapkan, yakni mengaktifkan mode hemat data. Setiap media sosial punya pengaturan ini.

Ketika diaktifkan, maka ada beberapa fitur media sosial yang fungsinya akan dibatasi, misal, preview video dimatikan atau resolusi konten biasanya juga diturunkan. Untuk mengaktifkannya, cukup ke pengaturan masing-masing aplikasi dan cari “mode hemat data” atau “data saving”.

Namun, media sosial video seperti TikTok dan YouTube tetap memakan kuota yang besar meski telah masuk mode hemat data. Solusinya adalah membeli paket internet khusus media sosial atau paket dengan unlimited akses ke aplikasi tertentu. Mari kita bahas lebih dalam di bawah ini.

Beli paket internet khusus
Setiap operator seluler menyediakan aplikasi buat pelanggannya. XL Axiata, misalnya, mereka punya myXL, aplikasi self-care untuk pelanggan XL Prabayar, XL Prioritas, hingga XL Satu yang bisa diakses kapan dan di mana saja.

XL memiliki beragam paket internet untuk mengakomodasi kebutuhan pelanggan yang berbeda-beda. Paket Akrab, misalnya, paket ini merupakan sharing kuota hingga 4 orang, cocok buat keluarga. Semua paketnya menyediakan unlimited kuota untuk aplikasi Noice, WhatsApp, Maps, Conference, Education, dan Work, serta ada unlimited telepon dan SMS sesama XL dan Axis.

Lalu ada paket Xtra Combo Plus, yang terdiri VIP dan Reguler. Sama dengan paket Akrab, paket Xtra Combo Plus VIP juga menyediakan unlimited kuota untuk Noice, WhatsApp, Maps, Conference, Education, dan Work. Sementara itu, versi Reguler menawarkan kuota WhatsApp dan Noice Unlimited.

Ada pilihan bonus kuota yang bisa dipilih pengguna, seperti TikTok, IG, Spotify, Viu, Netflix, hingga beragam macam game online. Besaran kuota bonus ini tergantung besaran paket yang dibeli.

Kemudian ada paket Xtra Combo Mini yang menawarkan kuota satu minggu murah. Ada juga paket Akrab Mini yang salah satu paketnya menawarkan kuota unlimited untuk Noice, WhatsApp, Maps, Conference, Education, dan Work, serta unlimited telepon dan SMS sesama XL dan Axis.

Selain itu, XL Axiata juga menyediakan Add-ons yang bisa ditambah, mulai dari paket media sosial, paket nonton, paket game, aplikasi navigasi, hingga streaming. Pun XL juga menyediakan tambahan kuota utama sebagai add-ons.

Media sosial, misalnya, pelanggan bisa membeli kuota khusus Instagram atau TikTok yang aktif untuk satu minggu. Paket serupa dengan harga yang beragam juga hadir untuk Spotify, Joox, Mobile Legends, PUBG, Free Fire, AOV, aplikasi konferensi video, pendidikan, Waze, Netflix, dan Video.

Kuota topping aplikasi murah ini dapat menjadi solusi mencegah kehabisan kuota utama di tengah-tengah mudik.
Sebagai tambahan, XL Axiata juga meluncurkan promo khusus menyambut Idul Fitri 1444H. Ada berbagai jenis kuota dan bundling yang dapat dibeli untuk menemani momen Lebaran kamu.

Ada diskon hingga 70 persen dan bonus kuota game, media sosial, dan streaming untuk setiap pembelian paket internet sesuai dengan profil pelanggan di aplikasi myXL dan AXISnet mulai 20 Maret hingga 27 April 2023. Selama Ramadhan, pelanggan juga bisa mendapat bonus Vidio Platinum 30 hari dan bebas akses aplikasi Noice tanpa kuota untuk pembelian paket Akrab, Xtra Combo Plus dan Xtra Combo VIP Plus di myXL.

Aplikasi myXL juga menghadirkan flash sale di jam 15.00 – 18.00 WIB dan 02.00 – 05.00 WIB, yang menawarkan kuota media sosial, streaming video dan game mulai dari Rp 500. Ada juga Voucher atau Diamond Games diskon hingga 40 persen, lalu ada Voucher Video Streaming diskon hingga 30 persen dengan kode promo: XLFUN.(Sumber)