Bakal Gelar Konser di Jakarta, Ini 7 Lagu Coldplay Paling Populer

Penggemar Coldplay di Indonesia akhirnya bisa bernapas lega. Band asal Inggris itu akhirnya dikonfirmasi bakal menggelar konser di Jakarta.

Konser Coldplay akan diselenggarakan di Stadion Gelora Bung Karno pada 15 November mendatang. Sementara itu, tiket konsernya akan mulai dijual pada 17-19 Mei 2023.

Sebelum beli tiket konser Coldplay, kamu bisa simak dulu sederet lagu-lagu populernya di bawah ini.

Fix You

Lights will guide you home

And ignite your bones

And I will try to fix you

Fix You diambil dari album ke-3 Coldplay yang berjudul X&Y. Rilis pada tahun 2005, lagu ini menjadi salah satu lagu wajib para pencinta Coldplay.

Lagu yang mengusung suara organ lengkap dan bertempo pelan ini terinspirasi saat sang vokalis, Chris Martin, mengalami kejadian yang membuat hatinya tersayat. Ayah mantan istrinya sekaligus mertuanya saat itu, Gwyneth Paltrow, meninggal dunia.

“Dia (Chris Martin) menulis lagu ini untuk Gwyneth ketika suamiku meninggal dan aku menangis tiap kali mendengarnya (lagu Fix You),” ucap Blythe Danner, ibu Paltrow, pada Daily Mail di tahun 2012.

Yellow

Look at the stars

Look how they shine for you

And everything you do

Yeah, they were all yellow

Single kedua di album pertama Coldplay yang satu ini diluncurkan pada 27 Juni 2000. Lagu ini merupakan kisah cinta tak berbalas yang dialami oleh Chris Martin di masa lalu.

Yellow sukses menduduki urutan ke-4 tangga lagu UK Singles Chart, menjadikan lagu tersebut sangat populer di Inggris. Coldplay juga semakin terkenal karena lagu ini.

Viva La Vida

I hear Jerusalem bells are ringing

Roman Cavalry choirs are singing

Be my mirror, my sword and shield

My missionaries in a foreign field

 

Lagu ini memiliki judul yang sama dengan album keempat mereka, Viva La Vida or Death and All His Friends’, sekaligus menjadi single kedua album tersebut.

Viva La Vida memiliki arti ‘hidup yang panjang’. Liriknya juga mengusung sejarah dan preferensi umat Kristen.
Dirilis pada 13 Juni 2008, lagu ini menduduki posisi puncak di tangga lagu UK Singles Chart dan Billboard Hot 100. Lagu ini juga memenangkan Song of the Year di ajang Grammy Awards ke-51 pada 2009 lalu.

Selain itu, Viva La Vida juga terjual sebanyak 7,1 juta keping di seluruh pada tahun 2014 dan lebih dari 6 juta di Amerika Serikat saja pada Juni 2013.

The Scientist

Nobody said it was easy

It’s such a shame for us to part

Nobody said it was easy

No one ever said it would be this hard

Oh, take me back to the start

Coldplay merilis lagu The Scientist pada 2002. Lagu ini terdapat dalam album A Rush of Blood to the Head.
The Scientist menceritakan tentang lelaki yang menyesal karena telah mengacaukan segalanya. Ia berharap hubungannya dengan sang kekasih bisa kembali seperti dulu.

Video klip The Scientist berhasil menyabet tiga penghargaan di MTV Music Video Awards 2003 sebagai Best Group Video, Best Direction, dan Breakthrough Video serta masuk nominasi kategori Best Short Form Music Video pada ajang Grammy Awards 2004.

A Sky Full of Stars

‘Cause you’re a sky, ’cause you’re a sky full of stars

I’m gonna give you my heart

‘Cause you’re a sky, ’cause you’re a sky full of stars

‘Cause you light up the path

A Sky Full of Stars merupakan salah satu lagu Coldplay yang cukup populer di tahun 2014. Lagu ini berasal dari album Ghost Stories.

Sebagian lagu A Sky Full of Stars ditulis dan diproduseri oleh mendiang Avicii. Di tahun ini, lagu tersebut sudah mendapat lebih dari 815 juta views di YouTube.

Tidak heran apabila lagu ini terdengar dancy karena campur tangan seorang DJ yang menggeluti musik electronic dance. So, let’s dance and sing along to it!

Hymn for the Weekend

Oh, angel sent from up above

You know you make my world light up

When I was down, when I was hurt

You came to lift me up

Hymn for the Weekend juga merupakan salah satu lagu milik Coldplay yang populer. Lagu ini terdapat dalam album A Head Full of Dreams yang rilis di tahun 2015.

Coldplay berkolaborasi dengan Beyonce di lagu ini. Saking populernya lagu ini, video klip Hymn for the Weekend sudah mencapai 1,8 miliar views di YouTube. Wow!

Hymn for the Weekend sendiri berkisah tentang seorang laki-laki yang merasa bahagia karena memiliki wanita yang luar biasa di sisinya.

My Universe

You (you), you are (you are) my universe

And I (I) just want (just want) to put you first

And you (you), you are (you are) my universe, and I

My Universe merupakan sebuah karya yang sangat dinantikan oleh penggemar Coldplay dan BTS. Keduanya sama-sama memiliki fans yang fanatik di seluruh dunia.

Demi lagu ini, Chris Martin rela terbang jauh-jauh ke Korea demi menggarap My Universe bersama ketujuh personel BTS. Chris Martin sempat mengalami kesulitan karena rekaman itu dilakukan di tengah pandemi COVID-19.

Lagu ini sempat meraih penghargaan platinum di Amerika Serikat. Sementara itu, video klipnya telah meraih lebih dari 200 juta views di YouTube.(Sumber)