Marquez dan Bagnaia Kecelakaan, Marco Bezzecchi Juara MotoGP Prancis 2023

Hasil race MotoGP Prancis 2023 telah diketahui, yang mana rider Mooney VR46, Marco Bezzecchi keluar sebagai pemenang dalam balapan penuh drama tersebut. Beraksi di Sirkuit Bugatti, Le Mans, Prancis, Bezzecchi menjadi yang tercepat menyentuh garis finis dan memenangkan GP ke-1000 dalam balapan ajang tersebut.

Lalu di posisi kedua ada Jorge Martin (Pramac Ducati) dan ketiga ada Johann Zarco (Pramac Ducati). Dalam balapan itu memang ada banyak kecelakaan terjadi, termasuk Marc Marquez (Repsol Honda) yang terpeleset ketika balapan tinggal menyisakan dua lap lagi.

Marc Marquez mampu mengawali jalannya balapan dengan sangat baik sejak lap pertama. Rider Spanyol tersebut berhasil menjadi yang terdepan setelah bersaing sengit dengan Jack Miller yang juga tampil gemilang.

Namun keunggulan Marquez untuk menjadi yang terdepan tidak berlangsung lama. Pasalnya, Miller mampu menyalipnya dengan baik di lap ketiga sehingga pembalap Australia itu kini memimpin jalannya balapan.

Di lap-6, Maverick Vinales yang mengincar posisi ketiga harus terjatuh usai bersenggolan dengan Francesco Bagnaia. Keduanya pun sempat terlibat perselisihan di pinggir lintasan usai insiden tersebut.

Tak lama berselang, posisi Miller sebagai yang terdepan harus diganggu oleh Marco Bezzecchi tampil sangat gemilang. Dirinya kini memimpin jalannya balapan, disusul oleh Miller dan Marquez di belakangnya.

Di lap ke-15, beberapa pembalap lainnya harus kembali terjatuh dan gagal menyelesaikan balapan. Kali ini adalah Alex Marquez, Luca Marini dan juga Joan Mir yang harus menghentikan balapan lebih dulu.

Beberapa lap menjelang akhir balapan, Miller tak dapat mempertahankan konsistensinya dan harus mundur di peringkat ketujuh. Posisi Bezzecchi kini semakin unggul di depan mengasapi Marc Marquez dan Jorge Martin di belakangnya.

Sayangnya, Marquez harus terjatuh di lap ke-26 usai mencoba menahan Martin yang berusaha merebut posisinya. Hasilnya, Marco Bezzecchi pun menjadi pemenang disusul oleh Jorge Martin dan Johann Zarco.

Berikut Hasil Race MotoGP Prancis 2023:

1 Marco Bezzecchi ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)

2 Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP23)

3 Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP23)

4 Augusto Fernandez SPA Tech3 GASGAS (RC16)*

5 Aleix Espargaro SPA Aprilia Factory (RS-GP23)

6 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)

7 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)

8 Fabio Di Giannantonio ITA Gresini Ducati (GP22)

9 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)

10 Franco Morbidelli ITA Monster Yamaha (YZR-M1)

11 Danilo Petrucci ITA Ducati Lenovo (GP23)

12 Lorenzo Savadori ITA Aprilia Factory (RS-GP23)

13 Jonas Folger GER Tech3 GASGAS (RC16)

14 Jack Miller AUS Red Bull KTM (RC16)

Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)

Alex Rins SPA LCR Honda (RC213V)

Joan Mir SPA Repsol Honda (RC213V)

Luca Marini ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)

Alex Marquez SPA Gresini Ducati (GP22)

Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP23)

Maverick Viñales SPA Aprilia Factory (RS-GP23)

(Sumber)