6 Pelatih Hebat Yang Bisa Bawa Timnas Indonesia Tembus Final SEA Games

TERDAPAT 6 pelatih hebat yang bisa bawa Timnas Indonesia tembus final SEA Games akan Anda ketahui di artikel ini. Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia sejauh ini sudah tampil di tujuh pertandingan final sepakbola SEA Games.

Dari tujuh final tersebut, dua di antaranya Timnas Indonesia keluar sebagai juara. Tepatnya pada edisi SEA Games 1987 dan 1991. Kini pada SEA Games 2023 di Kamboja, Timnas Indonesia U-22 akan tampil di final kembali, yang berarti timnas sudah delapan kali menembus final.

Tentunya keberhasilan Timnas Indonesia U-22 ke final SEA Games 2023 tak terlepas dari kehebatan dari Indra Sjafri. Faktor pelatih memegang peranan penting dalam ajang dua tahunan tersebut.

Tercatat ada enam pelatih hebat yang pernah membawa Timnas Indonesia ke final SEA Games. Lantas siapa saja mereka?

Berikut 6 Pelatih Hebat yang Bisa Bawa Timnas Indonesia Tembus Final SEA Games:

6. Rahmad Darmawan

Rahmad Darmawan

Pertama ada Rahmad Darmawan pernah dua kali mengantarkan Timnas Indonesia U-22 menjadi runner-up, tepatnya pada edisi SEA Games 2011 dan 2013. Tentunya amat disayangkan pasukan Rahmad Darmawan gagal juara di dua kesempatan berbeda tersebut.

Kesempatan pertama, Timnas Indonesia U-22 kalah penalti 3-4 dari Malaysia usai kedua tim sama kuat 1-1. Lalu kesempatan kedua Garuda Muda tumbang 0-1 dari Thailand.

5. Wiel Coerver

Wiel Coerver

Coerver akan selalu dikenang menjadi pelatih pertama yang mengantarkan Timnas Indonesia lolos ke final SEA Games. Momen itu tercipta pada SEA Games 1979.

Pelatih asal Belanda itu memperlihatkan sikap disiplin yang tinggi dalam menangani skuad Garuda. Sayang, semua itu tak berakhir manis usai Malaysia mengalahkan Timnas Indonesia di final dengan skor 0-1.

4. Bertje Matulapelwa

Bertje Matulapelwa

Bartje melatih Timnas Indonesia sejak 1985. Pada saat itu, ia mampu memimpin Timnas Indonesia dengan baik hingga membuat Garuda Muda mencapai semifinal Asian Games 1986.

Puncaknya adalah ketika Bartje memimpin Timnas Indonesia di SEA Games 1987 di Filipina. Pada saat itu, Timnas Indonesia yang masih diperkuat Ricky Yakob mampu merebut medali emas pertama SEA Games untuk Indonesia.

3. Anatoli Polosin

Anatoli Polosin

Setelah tak ditangani Bertje, Timnas Indonesia masih mampu merebut medali emas SEA Games edisi 1991. Hal itu tak terlepas dari kehebatan Polosin dalam meracik skuad Garuda.

Sayangnya, Timnas Indonesia asuhan Polosin sejauh ini menjadi yang terakhir meraih medali emas SEA Games. Sebab 31 tahun setelahnya Timnas Indonesia selalu gagal meraih medali emas di cabor sepakbola

2. Henk Wullems

Upaya Timnas Indonesia merebut medali emas ketiga SEA Games digagalkan oleh Thailand pada edisi 1997. Padahal saat itu Timnas Indonesia dilatih oleh pelatih asal Belanda, yakni Henk Wullems.

Wullems dikenal sebagai pelatih hebat yang memiliki banyak pengalaman. Sebab sebelum pindah melatih ke Indonesia, Wullems memiliki pengalaman melatih klub Belanda seperti AZ Alkmaar, NAC Breda, dan Vitesee.

1. Indra Sjafri

Indra Sjafri

Indra Sjafri menjadi salah satu pelatih tersukses untuk Timnas Indonesia selama gelaran SEA Games. Sebab pelatih yang kini kembali dipercaya melatih skuad Garuda Muda itu pernah membawa Timnas Indonesia U-22 menajdi runner-up di SEA Games 2019.

Pada saat itu, pasukan Indra Sjafri gagal juara usai kalah 0-3 dari Vietnam di final SEA Games 2019. Awalnya banyak yang mengira Indra Sjafri dan anak buahnya bakal menang, sebab di Piala AFF U-22 2019, tim tersebut baru saja juara.

Kini Indra pun berpeluang untuk merebut medali emas ketiga Indonesia di cabor sepakbola SEA Games 2023. Sebab Indra sukses mengantarkan Timnas Indonesia U-22 lolos ke final dan akan menantang Thailand pada Selasa 16 Mei 2023.(Sumber)