Diwarnai Baku Hantam dan Banjir Kartu Merah, Timnas U22 Hajar Thailand dan Raih Emas SEA Games

Timnas U-22 Indonesia meraih medali emas SEA Games 2023. Kepastian didapat usai pasukan Indra Sjafri mengalahkan Thailand di laga final dengan skor 5-2 via perpanjangan waktu di National Stadium, Phnom Penh, Selasa (16/5) malam WIB.

Indonesia kembali meraih emas usai 32 tahun puasa. Terakhir kali, Indonesia meraih emas di tahun 1991 dengan mengalahkan Thailand via adu penalti.

Timnas U-22 Indonesia tampil menyerang sejak menit awal pertandingan. Beberapa kali upaya dari Marselino Ferdinan dari luar kotak penalti masih belum menemui sasaran.

Gol perdana Indonesia tercipta pada menit ke-22. Lemparan Dewangga berhasil diteruskan Ramadhan Sananta ke gawang. Skor menjadi 1-0.

Thailand terus memberikan tekanan ke pertahanan Indonesia. Namun, kokohnya pertahanan Indonesia membuat Thailand kesulitan.

Indonesia membuat gol kedua pada menit 45+4. Tendangan jauh Rizky Ridho berhasil diteruskan Ramadhan Sananta ke gawang. Skor 2-0 menutup jalannya babak pertama.

Di babak kedua, Thailand tampil lebih agresif. Tendangan pemain Thailand dari dalam kotak penalti masih bisa digagalkan Ernando Ari.

Thailand bisa membuat gol di menit ke-64. Berawal dari sepak pojok, sundulan Anan gagal dihalau Ernando Ari.
Timnas U-22 kembali keluar menyerang. Fajar Faturahman hampir menambah gol Indonesia. Namun, upayanya masih melebar tipis dari gawang.

Marselino juga hampir membuat gol. Tendanganya dari sisi tepi masih melambung di aats gawang Thailand. Marselino juga hampir membuat gol melalui tendangan bebas. Namun, bola masih bisa digagalkan penjaga gawang.
Di injury time babak kedua, Thailand bisa membuat gol.

Tendangan keras Yotsakon dari dalam kotak penalti gagal dihalau Ernando. Skor menjadi 2-2 dan berlanjut ke perpanjangan waktu.

Pada babak perpanjangan waktu, Indonesia bisa membuat gol. Kesalahan bek Thailand berhasil dimanfaatkan Irfan Jauhari. Skor menjadi 3-2.

Di momen ini, terlibat perkelahian antarpemain dan staff kedua tim. Wasit memberikan kartu merah kepada staff kedua tim serta Komang dan Kiper Thailand.

Thailand kembali mendapat kartu merah. Kali ini bek mereka yakni Jonatan mendaoat kartu kuning kedua setelah menekel Rio Fahmi.

Di extra time babak kedua, Timnas U-22 kembali membuat gol. Kali ini Fajar Faturahman yang menorehkan namanya di papan skor usai sepakan kerasnya gagal dihalau kiper. SKor menjadi 4-2.

Pemain Thailand kembali mendapat kartu merah pada menit ke-117. Kali ini Teerasak yang mendapat kartu merah usai melanggar Ananda Raehan.

Timnas u-22 Indonesia kembali membuat gol di menit ke-120. Kali ini Beckham Putra yang membuat gol usai sepakannya dari dalam kotak penalti gagal dihalau kiper. Skor 5-2 bertahan hingga selesai.(Sumber)