Pegiat Sosial Malang Kunjungi Mantan Kiper Arema, Kurnia Meiga

Sekarwati, sosok pegiat pendidikan dan sosial Malang mengunjungi mantan penjaga gawang Arema, Kurnia Meiga Hermansyah di kediamannya, Selasa (16/05/2023).

Diketahui, sebelumnya mantan penjaga gawang timnas tersebut mengunggah beberapa foto medali dan atribut sepakbola di akun instagram-nya untuk dijual. Alasan penjualan tersebut dikarenakan kondisi kesehatan Kurnia Meiga yang terus memburuk hingga memutuskan gantung sepatu pada tahun 2017 silam.

“Sebagai penggemar bola dan wakil masyarakat Indonesia yang mencintai pahlawan olahraganya, kita mendoakan semoga Garuda Muda yang tengah berjuang di SEA Games Kamboja 2023 dapat memenangkan pertandingan.” Tutur Sekarwati.

Kisah heroik ini senantiasa mengingatkan kita bahwa kita butuh pahlawan di bidang apapun, termasuk olahraga untuk mengangkat nama baik bangsa di tingkat dunia.

Terkhusus, lanjut Sekarwati, penting sekali arti kehadiran para pahlawan olahraga ini. Bahkan diplomasi ekonomi maupun politik menjadi lebih lancar dengan pendekatan olahraga.

“Di saat bersamaan, ada kisah pilu dari mantan atlet yang harus hidup susah dan memprihatinkan karena musibah yang merenggut kesehatannya. Kisah ini mengingatkan kita ada masalah besar dalam penanganan kesejahteraan atlet indonesia,” ujar Sekarwati.

Sekarwati, sehari-hari juga banyak melakukan advokasi pemberdayaan SDM perempuan dan anak muda di berbagai tempat. Sekarwati merupakan sosok pertama yang merespon dan menjenguk Kurnia Meiga setelah mengetahui kondisi mantan pemain terbaik Indonesia tersebut menjual medalinya, dikarenakan tidak memiliki biaya untuk memenuhi kehidupan sehari-hari.

“Saya akan berupaya memediasikan kepentingan teman-teman atlet terkhusus yang pernah membawa harum nama bangsa dengan pemerintah dan DPR RI,” ujar Wasekjen DPP Partai Golkar tersebut saat ditemui wartawan petang hari.

Sekarwati berharap pemerintah segera memberikan perhatian terhadap atlet-atlet Indonesia agar kesejahteraannya lebih terjamin. “Jangan sampai, insiden seperti ini menyurutkan semangat calon atlet bertumbuh.” pungkasnya.

Dikutip dari unggahan akun instagram Kurnia Meiga (@egahermansyah), ia menyampaikan, “Alhamdulillah, dipertemukan Ibu @sekar_sekarwati yang super baik dan hangat. Terimakasih banyak Ibu atas waktu, perhatian, dan kesediaannya bersilaturahmi dengan keluarga saya. Sehat selalu Ibu beserta keluarga. Aamiin.”

Kurnia Meiga adalah salah satu contoh atlet Indonesia yang kulitas hidupnya memburuk karena tiada jaminan kesehatan dan kesejahteraan yang diperoleh setelah menepi dari lapangan hijau karena masalah kesehatan pada tahun 2017. Kita semua berharap semoga ada regulasi dan mekanisme bagi jaminan kesehatan dan kesejahteraan para atlet Indonesia pada penghujung kariernya. {golkarpedia}