Update Ranking BWF Para Pebulutangkis Indonesia Usai Malaysia Masters 2023

UPDATE ranking BWF usai Malaysia Masters 2023 telah dirilis per hari ini, Selasa (30/5/2023. Menariknya terdapat perbedaan nasib dari dua ganda putra andalan Indonesia yakni Marcus Gideon/Kevin Sanjaya dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Seperti diketahui, Malaysia Masters 2023 telah resmi tuntas pada Minggu (28/5/2023) lalu. Sayangnya, dari lima sektor yang dipertandingkan, tidak ada satu pun wakil Indonesia yang berhasil menjuarai turnamen berlevel Super 500 itu.

Raihan terbaik wakil Indonesia pun hanya diraih dari sektor tunggal putri lewat Gregoria Mariska Tunjung. Dia berhasil finis sebagai runner-up usai dikalahkan wakil Jepang, Akane Yamaguchi di partai puncak lewat dua gim langsung 17-21, 7-21.

Dengan demikian, Gregoria Mariska kini masih terjebak di peringkat sembilan BWF World Rankings 2023. Pebulu tangkis berusia 23 tahun itu kini mengoleksi 63151 poin.

Selanjutnya dari sekot tunggal putra, Anthony Ginting dan Jonatan Christie memiliki nasib berbeda. Meski sama-sama terhenti di babak 16 besar, Jojo -sapaan akrab Jonatan Christie- berhasil naik satu peringkat menjadi ranking 6, sementara Ginting masih tertahan di peringkat kedua.

Perbedaan nasib juga terjadi di nomor ganda putra. Marcus Gideon/Kevin Sanjaya yang terhenti di babak 16 besar berhasil naik ke peringkat 17 BWF World Tour Rankings 2023.

 

Sementara itu, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang kandas di babak perempatfinal justru turun satu peringkat menjadi ranking 8. Sedangkan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang juga terhenti di perempatfinal juga masih tertahan di peringkat ke-9.

Berikutnya, dari sektor ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang terhenti di babak perempatfinal Malaysia Masters 2023 tidak mengalami perubahan dari segi peringkat BWF. Apriyani/Fadia kini masih menempati peringkat ke-4 BWF World Rankings 2023 dengan torehan 75243.

Dari nomor ganda campuran, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari yang juga terhenti di perempatfinal harus puas turun satu peringkat. Mereka saat ini bercokol di peringkat ke-16 ranking BWF.

Sedangkan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja sukses naik satu peringkat. Meski terhenti di babak 16 besar Malaysia Masters 2023, mereka kini naik ke posisi 14 BWF World Rankings 2023.(Sumber)