Ini 5 Ormas dan Sayap Partai Golkar Terpopuler Mei 2023 Berdasar Hasil Riset Golkarpedia

Organisasi sayap bagi sebuah partai adalah penyempurna gerakan politik. Jika sebuah partai politik adalah badan, maka organisasi sayap adalah institusi yang bisa membawa partai untuk bisa terbang. Organisasi sayap biasanya digunakan partai politik untuk meraup suara sektoral dan segmentatif yang tidak terjamah organisasi utama.

Kelompok sektoral dan segmentatif yang dimaksud misalnya adalah para pemuda, perempuan, kelompok kerja seperti buruh, ASN, petani, kelompok agama tertentu dan lain-lain. Dengan menggunakan organisasi sayap, gerakan sebuah partai politik untuk menggaet mereka baik sebagai kader ataupun simpatisan akan semakin mudah. Bisa dimaknai bahwa organisasi sayap dapat difungsikan sebagai laboratorium kader.

Partai Golkar pun menggunakan skema organisasi sayap ini untuk menjalankan agenda politiknya. Ada 11 organisasi sayap termasuk 3 hasta karya (organisasi pendiri) yang menjadi bagian penting dari gerakan politik Partai Golkar.

Kesebelas organisasi tersebut adalah, Kosgoro 1957, Ormas MKGR, SOKSI, AMPI, AMPG, KPPG, IIPG, Pengajian Al Hidayah, Satkar Ulama, Himpunan Wanita Karya, dan MDI. Berdasarkan karakter masing-masing organisasi, ada beberapa perbedaan dan kesamaan di antara organisasi ini. Semisal AMPG dan AMPI memiliki karakteristik yang serupa dalam hal organisasi sayap yang dikhususkan kepada kelompok pemuda.

KPPG, IIPG dan Himpunan Wanita Karya pun memiliki peran dalam segmentasi laboratorium kader kaum perempuan. Sementara Pengajian Al Hidayah, Satkar Ulama dan MDI juga memiliki persamaan pada peran mengorganisir kelompok keagamaan dari agama Islam.

Perbedaannya ada pada detail fungsi masing-masing organisasi. Yang jelas, keberadaan mereka sebagai organisasi sayap Partai Golkar tidak saling tumpang tindih. Mereka ada untuk saling melengkapi dan menyempurnakan gerakan politik Partai Golkar.

Keberadaan masing-masing organisasi sayap Partai Golkar ini juga patut ditelisik. Popularitas menjadi ukuran kami untuk menelisik eksistensi gerakan politik masing-masing organisasi sayap Partai Golkar. Indikator yang kami gunakan untuk mengukur eksistensi organisasi sayap Partai Golkar adalah pemberitaan. Kami juga menyematkan kata populer untuk organisasi sayap yang paling banyak menghasilkan pemberitaan.

Di tempat pertama, ada salah satu dari tiga organisasi hasta karya, organisasi yang mendirikan Partai Golkar. SOKSI atau Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia pada Mei 2023 menghasilkan 312 pemberitaan dengan reach sebesar 787.156 jangkauan.

Pemberitaan mengenai SOKSI agaknya banyak menunggangi pemberitaan para tokohnya seperti Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI.

Salah satu pemberitaan populer mengenai SOKSI adalah pernyataan Bamsoet terkait permintaan agar pemerintah menindak tegas pelaku perdagangan orang. Lalu ada pula pernyataan yang keluar dari Bamsoet mengenai Pancasila yang pantas dijadikan sebagai rujukan dunia. Tak kalah ramai adalah serba-serbi HUT Soksi pada Mei 2023.

Untuk di peringkat kedua, ada organisasi kepemudaan Partai Golkar, AMPI (Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia) yang paling banyak diberitakan sepanjang bulan Mei 2023. Jumlah pemberitaan terkait AMPI adalah sebanyak 229 berita dengan reach sebesar 1,3 jangkauan.

Pemberitaan terkait organisasi yang dipimpin Jerry Sambuaga ini didominasi mengenai kabar tentang berkunjungnya organisasi pemuda UMNO Malaysia ke markas DPP AMPI untuk bertukar cerita mengenai persoalan kepemudaan di dua negara. Lalu ada pula kabar mengenai kegiatan Menpora Dito Ariotedjo yang notabene merupakan mantan Ketua Umum AMPI. Namanya masih sering dikaitkan dengan organisasi yang membesarkannya ini.

Peringkat ketiga diisi oleh organisasi sayap kepemudaan lainnya, yakni AMPG (Angkatan Muda Partai Golkar) yang diketuai oleh Ilham Permana. AMPG harus rela turun tahta dari peringkat pertama menjadi urutan ketiga pada Mei 2023. AMPG pada Mei 2023 memiliki pemberitaan sebanyak 151 berita dengan reach mencapai 765.673 jangkauan.

Pemberitaan terkait dengan AMPG pada Mei 2023 di antaranya adalah kunjungan yang juga dilakukan oleh UMNO Malaysia kepada PP AMPG. Lalu berita terkait dengan sosok Aldy Blaviandy yang merupakan Ketua PD AMPG Kota Surabaya. Ia dikabarkan maju Caleg DPRD Kota Surabaya dari Partai Golkar.

Ada pula berita mengenai bergabungnya sosok Hanyen Tenggono, pengusaha asal Kuningan yang baru bergabung dengan Partai Golkar dan langsung didapuk memimpin AMPG Kuningan.

Tempat keempat diisi oleh organisasi keperempuanan Partai Golkar, KPPG. Organisasi yang dipimpin Airin Rachmi Diany ini pada April 2023 memiliki kuantitas pemberitaan sebanyak 151 berita dengan capaian reach sebesar 436.397 jangkauan.

Urutan kelima atau terakhir ada organisasi hasta karya lainnya, Ormas MKGR. Organisasi yang digawangi oleh Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Adies Kadir ini memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 139 berita untuk periode Mei 2023. Reach yang dicapai oleh pemberitaan Ormas MKGR adalah sebesar 310.243 jangkauan.

Organisasi sayap lainnya untuk bulan Mei 2023 ini memiliki pencapaian pemberitaan yang lebih rendah dibanding 5 organisasi sayap Partai Golkar teratas yang telah kami bahas sebelumnya. Semoga dengan pengukuran intensitas pemberitaan bulanan ini, masing-masing organisasi sayap bisa lebih mengintensifkan lagi pemberitaan.

5 Sayap dan Ormas Partai Golkar Paling Populer Berdasar Pemberitaan Mei 2023:

SOKSI

Ketua Umum: Ahmadi Noor Supit

Total: 312 Pemberitaan

Reach: 787.156 jangkauan

 

AMPI

Ketua Umum: Jerry Sambuaga

Total: 229 Pemberitaan

Reach: 1,3 juta jangkauan

 

AMPG

Ketua Umum: Ilham Permana

Total: 151 Pemberitaan

Reach: 765.673 jangkauan

 

KPPG

Ketua Umum: Airin Rachmi Diany

Total: 151 Pemberitaan

Reach: 436.397 jangkauan

 

Ormas MKGR

Ketua Umum: Adies Kadir

Total: 139 Pemberitaan

Reach: 310.243 jangkauan {golkarpedia}