Jadwal Lengkap F1 2024: Ada 24 Seri, Balapan Pembuka Digelar Sabtu!

FORMULA One (F1) merilis jadwal lengkap untuk musim 2024. Dari jadwal F1 2023 itu, ada beberapa hal menarik yang wajib Anda ketahui, salah satunya adalah akan ada 24 seri serta balapan perdana digelar pada Sabtu, bukan Minggu seperti biasanya.

F1 melalui laman resminya telah merilis kalender balapan untuk tahun depan. Sebanyak 24 seri akan berlangsung yang akan dimulai dari Bahrain pada 2 Maret dan berakhir di Abu Dhabi pada 8 Desember.

Hal menarik pertama ialah musim balapan tahun depan akan dimulai dengan balapan pada hari Sabtu. Hal tersebut berbeda dari jadwal biasanya yang dilangsungkan pada Minggu.

“Untuk pertama kalinya sejak 1985, gelaran Piala Dunia Grand Prix akan digelar di luar hari Minggu tahun depan saat ajang gelaran di Las Vegas pada 18 November 2023 pukul 22:00 waktu setempat,” bunyi keterangan resmi, Kamis (6/7/2023).

Pada gelaran 2024 nanti, Bahrain, Arab Saudi, dan Las Vegas akan menjadi tiga seri yang mengadakan balapan pada hari Sabtu. Ajang di Bahrain dan Arab Saudi dilangsungkan pada Sabtu untuk menyesuaikan dengan bulan Ramadhan tahun depan yang akan jatuh pada 10 Maret 2024.

Kalender F1 tahun depan juga cukup rumit karena beberapa seri balapan perlu dilangsungkan pada waktu tertentu di beberapa tempat agar tidak berlangsung dengan cuaca yang sangat panas ataupun terlalu dingin. Dengan beberapa alasan, terdapat tiga ajang yang diatur ulang jadwalnya untuk tahun depan.

Ketiga seri tersebut ialah GP Jepang, Azerbaijan, dan Qatar. Jepang dipindah ke April agar tepat saat musim bunga sakura dan juga perpindahan logistik yang lebih efisien, Azerbaijan pindah ke September, dan Qatar digeser ke pekan pertama Desember.

Sebanyak 24 seri balapan akan dilangsungkan pada tahun depan dengan China yang kembali ke kalender setelah terakhir kali pada 2019. Nantinya, akan ada tiga minggu rehat pada Agustus, kemudian tiga minggu antara gelaran di Singapura dan Austin, dan dua minggu setelah ajang di Brasil.

Berikut Jadwal Lengkap Formula 1 2024:

2 Maret Bahrain, Sakhir

9 Mareth Saudi Arabia, Jeddah

24 MarethAustralia, Melbourne

7 April Japan, Suzuka

21 April China, Shanghai

5 May Miami, Miami

19 Mei Emilia Romagna, Imola

26 Mei Monaco, Monte Carlo

9 Juni Canada, Montreal

23 Juni Spain, Barcelona

30 Juni Austria, Spielberg

7 Juli Great Britain, Silverstone

21 Juli Hungary, Budapest

28 Juli Belgium, Spa

25 Agustus Netherland, Zandvoort

1 September Italy, Monza

15 September Azerbaijan, Baku

22 September Singapore, Marina Bay

20 Oktober USA, Austin

27 Oktober Mexico, Mexico City

3 November Brazil, Interlagos

23 November Las Vegas, Las Vegas

1 Desember Qatar, Losail

8 Desember Abu Dhabi, Yas Island

(Sumber)