Timnas Putri Indonesia Dibantai Thailand 7-1 di Semifinal Piala AFF U19 2023

Tim Nasional (Timnas) Putri Indonesia U-19 gagal ke final Piala AFF Putri U-19 2023 usai kalah dari Thailand. Bermain di Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang, Timnas Putri Indonesia U-19 tepatnya kalah 1-7 dari laga semifinal yang berlangsung pada Kamis (13/7/2023) malam WIB.

Dalam laga tersebut, Timnas Putri Indonesia U-19 beramin dengan 10 pemain karena kartu merah yang didapatkan kiper Fani Supriyanto pada menit kelima. Sejak saat itu, Thailand dapat bermain lebih leluasa.

Sementara Timnas Putri Indonesia U-19 hanya bisa membalas lewat gol Claudia Scheunemann di menit ke-25.

Meski gagal ke final, Timnas Putri Indonesia U-19 masih memiliki satu pertandingan di Piala AFF U-19 2023. Mereka tepatnya akan melawan Myanmar untuk memperebutkan peringkat ketiga pada 15 Juli 2023.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

 

Ya, Timnas Putri Indonesia U-19 terpaksa harus bermain dengan 10 pemain karena karena kartu merah yang didapatkan Fani di menit kelima. Ia sejatinya mencoba menghalau pemain Thailand yang berlari bebas ke kotak penalti.

Namun, karena itu adalah pemain terakhir dari Thailand, percobaan Fani menghalangi tersebut jelas adalah pelanggaran. Tak ayal wasit mengeluarkan kartu merah.

Sejak saat itu, permainan Thailand makin menjadi-jadi, Thawanrat Promthongmee pun membuka keran gol Thailand pada menit ke-16. Beruntung, Timnas Putri Indonesia U-19 masih mampu bangkit dan mengimbangi lewat Claudia pada menit 25.

Sayangnya, dua gol cepat tercipta di menit 30 dan 31 untuk Thailand dan membuat babak pertama berakhir untuk tertinggalnya Garuda Pertiwi dengan skor 1-3.

Babak Kedua

Timnas Putri Indonesia U-19 (PSSI)

Memasuki babak kedua, Thailand langsung berhasil membobol gawang Timnas Putri Indonesia. Lagi-lagi Anaphon Amanpong yang menjebol gawang Garuda Pertiwi.

Lalu menit 63 Thailand menambah gol lewat aksi Chattaya Pratumkul. Kemudian gol keenam dicetak oleh Thawanrat Promthongmee pada menit 70.Itu adalah gol ketiga Thawanrat Promthongmee di pertandingan melawan Timnas Putri Indonesia U-19.

Kemudian gol terakhir Thailand dicetak oleh Natcha Kaewanta di menit 87. Skor 1-7 untuk ketertinggalan Timnas Putri Indonesia itu pun bertahan sampai laga berakhir.

Berikut Susunan Pemain:

Timnas Putri Indonesia U-19 (3-2-4-1): Fani Supriyanto (GK), Helsya Maeisyaroh, Aulia Al Mabruroh, Nastasia Suci, Gea Yumanda, Claudia Scheunemann, Sheva Imut, Armelia Sava, Marsela Yuliana Awi, Siti Retno Sari, Mayzura Yusuf.

Cadangan: Ghadiza, Shesilia, Heselo, Armita, Ayunda, Azra, Ellen, Jasmine, Rana, Penila, Zaira, Zalta.

Pelatih: Rudy Eka Priyambada

Timnas Putri Thailand U-19: Chalisa; Parichat, Saranya, Supapron; Pichayatida, Thawanrat, Thanchanok, Achiraya; Nualanong, Anaphon, Chattaya.

(Sumber)