Viral di Medsos Jelang Rilis Film Barbie dan Oppenheimer, Apa Arti Barbenheimer?

Belakangan, media sosial diramaikan dengan istilah Barbenheimer yang kerap digunakan oleh pecinta film sebagai caption postingan mereka. Warganet yang tidak memahaminya pun penasaran apa arti Barbenheimer sebenarnya.

Istilah Barbenheimer viral menjelang perilisan film Barbie dan Oppenheimer secara global. Tak sedikit netizen yang membuat meme berupa gambar tokoh utama Barbie dan Oppenheimer dengan tulisan “Barbenheimer” sebagai fokus utamanya.

Lalu, sebenarnya apa yang dimaksud dengan Barbenheimer? Untuk mengetahuinya, simak penjelasan arti Barbenhemer yang viral di media sosial berikut ini.
Arti Barbenheimer

Barbenheimer adalah gabungan dari judul film Barbie dan Oppenheimer. Mengutip US Weekly, istilah ini merupakan nickname yang dibuat pecinta film untuk menyambut perilisan kedua film tersebut.

Film Barbie dan Oppenheimer memiliki sejumlah perbedaan yang cukup bertolak belakang. Disutradarai Greta Gerwig, Barbie menceritakan kisah fiksi tentang Barbie dan Ken yang selama ini menjalani kehidupan sempurna di Barbie Land.

Sebuah peristiwa membuat keduanya memutuskan untuk bertualang ke real world alias dunia nyata yang ternyata tidak seindah bayangan mereka. Di dunia nyatalah Barbie dan Ken mencari jati diri untuk lebih mengenal siapa diri mereka sebenarnya.

Di sisi lain, Oppenheimer yang digarap oleh sutradara Christopher Nolan mengisahkan sosok fisikawan bernama J Robert Oppenheimer dan perannya di balik penemuan bom atom.

Mengambil latar waktu saat Perang Dunia II, film biopik ini menghadirkan adegan-adegan bernuansa menegangkan. Itu berbeda dengan film Barbie yang memiliki nuansa ceria jika dilihat dari trailer-nya.
Baca juga: Arti Plot Twist dalam Film dan Fungsinya

Selain dari segi cerita, perbedaan film Barbie dan Oppenheimer juga tampak jelas pada posternya. Barbie menampilkan kesan ceria lewat nuansa warna pink dan biru yang mendominasi posternya. Sebaliknya, poster Oppenheimer yang didominasi dengan tone warna cenderung gelap menunjukkan kesan menakutkan dan menegangkan.

Menariknya, di balik perbedaan tersebut, Barbie dan Oppenheimer rupanya dirilis pada waktu yang sama. Kedua film itu ditayangkan perdana pada tanggal 21 Juli secara global dan tanggal 19 Juli 2023 di Indonesia.

Waktu rilis yang sama untuk dua film yang sangat berbeda itu pun melahirkan tren Barbenheimer. Di media sosial, banyak tersebar meme yang memuat bintang utama kedua film tersebut saling berganti peran satu sama lain.

Ada meme yang memperlihatkan Margot Robbie dan Ryan Reynolds, pemeran utama Barbie, berdiri di depan ledakan bom. Ada pula yang menampilkan bintang utama Oppenheimer, Cillian Murphy, bergaya seperti Ken.

Bahkan, beberapa fans juga menggabungkan kedua aktor tersebut di satu poster yang sama, seperti yang dibuat pemilik akun Twitter Steve Reeves berikut ini.(Sumber)