Mengenal 12 Legenda Bulutangkis Indonesia

MENGENAL 12 legenda bulu tangkis Indonesia yang pernah membanggakan Tanah Air di kancah dunia jelas menarik untuk diketahui. Sebagai salah satu olahraga yang paling populer di Indonesia, negara ini telah mencetak banyak bintang bulu tangkis.

Para pemain hebat ini telah mencatatkan prestasi gemilang di tingkat nasional maupun internasional. Bahkan beberapa di antaranya layak disebut sebagai legenda bulu tangkis Indonesia.

Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (22/7/2023) berikut adalah 12 legenda bulu tangkis Indonesia yang telah menjadi ikon olahraga di tanah air.

12. Rudy Hartono

Rudy Hartono

Rudy Hartono dianggap sebagai salah satu pemain bulu tangkis terbaik di dunia sepanjang masa. Ia telah memenangkan delapan gelar All England di antara tahun 1968 hingga 1976 dan memenangkan gelar-gelar prestisius lainnya.

11. Hendra Kartanegara

Pemain bulu tangkis kelahiran 1937 yang satu ini menjadi salah satu sosok atlet yang menginspirasi anak muda pada masanya. Hendra Kartanegara diketahui telah aktif dalam dunia bulu tangkis sejak 1950-an hingga 1960-an dan sempat menjuarai All England 1959.

10. Muljadi

Muljadi menjadi salah satu atlet bulu tangkis legendaris Indonesia yang lahir pada 11 September 1942. Ia aktif dalam dunia tepuk bulu sejak 1964 dangantung raket di tahun 1973.

9. Tjun Tjun

Tjun Tjun/Johan Wahyudi

Pada edisi perdana Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 1977, Tjun Tjun yang berpasangan dengan Johan Wahjudi berhasil meraih titel pertama. Di masanya, pasangan ini mendominasi ganda putra Tanah Air.

8. Icuk Sugiarto

Icuk Sugiarto

Selanjutnya ada Icuk Sugiarto yang pernah menjadi juara dunia bulu tangkis era 1980-an. Icuk sendiri memiliki kemampuan yang sangat ulet meski tubuhnya gemuk dan pendek.

7. Liem Swie King

Liem Swie King

Liem Swie King adalah pemain legendaris Indonesia yang telah meraih banyak kejuaraan dalam kariernya. Ia berhasil meraih medali perak Olimpiade pada tahun 1972 dan memenangkan medali perunggu pada tahun 1976.

6. Susy Susanti

Susy Susanti

Susy Susanti adalah salah satu pemain bulu tangkis putri Indonesia yang paling sukses. Ia menjadi juara di Olimpiade Barcelona 1992 dan menjadi juara dunia pada tahun 1993. Tak heran ia dijuluki sebagai legenda hidup bulu tangksi Indonesia.

5. Alan Budikusuma

Alan Budikusuma

Sama halnya dengan sang istri, Alan Budikusuma juga menjadi salah satu legenda hidup tepuk bulu Tanah Air. Ia mencatatkan sejarah dengan meraih medali emas Olimpiade pada tahun 1992 di nomor tunggal putra.

4. Taufik Hidayat

Taufik Hidayat

Taufik Hidayat adalah pemain bulu tangkis yang sangat populer di Indonesia. Selama aktif bermain, Taufik Hidayat telah memborong banyak prestasi. Seperti medali emas Olimpiade Athena 2004, Juara Dunia 2005, Juara Asia 3 kali, Juara Asian Games 3 kali dan lain-lain.

3. Liliyana Natsir

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir

Selanjutnya ada sosok Liliyana Natsir, pebulu tangkis andalan Indonesia dalam nomor ganda campuran. Ia pernah meraih medali emas Olimpiade pada tahun 2016 bersama Tontowi Ahmad.

2. Verawaty Fajrin

Verawaty Fajrin

Selain Susi Susanti, Indonesia juga mengenal pebulu tangkis tunggal putri lainnya yang sudah sangat melegenda. Ia adalah Verawaty Fajrin yang pernah meraih gelar Juara Dunia 1980.

1. Hendra Setiawan

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Terakhir adalah sosok Hendra Setiawan, legenda hidup bulu tangkis Indonesia yang kini bertandem dengan Mohammad Ahsan. Hendra sendiri telah meraih banyak gelar seperti Juara Dunia 2007, Juara China Super Series 2007, hingga Juara All England 2014.

Demikian 12 Legenda Bulu Tangkis Indonesia.(Sumber)