Pertandingan Bulutangkis Tercepat dan Terlama Versi Guiness World Records

PERTANDINGAN bulu tangkis tercepat dan terlama versi Guiness World Records akan dibahas di sini. Berdasarkan catatan Guiness World Records, belum ada pertandingan yang melibatkan Indonesia dalam rekor-rekor tersebut.

Pertandingan bulu tangkis sejatinya digelar di antara 45 hingga 50 menit untuk setiap pertandingannya. Itu bisa menjadi lebih cepat atau lebih lama tergantung dari bagaimana jalannya pertandingan.

Indonesia, sebagai salah satu negara terbaik di kancah bulu tangkis, nyatanya belum tercatat dalam pertandingan terlama atau tercepat di olahraga ini. Setidaknya, itulah yang tercatat di Guiness World Records.

Menurut catataan Guiness, pertandingan tercepat di kancah bulu tangkis adalah pertandingan antara Ra Kyung-min asal Korea Selatan kontra Julia Mann asal Inggris. Keduanya bertemu dalam pertandingan Piala Uber 1996 yang dilaksanakan di Hong Kong.

Kunci Comeback Ciamik Fajar Alfian/Rian Ardianto atas Wakil China di 32 Besar Japan Open 2023
Dalam pertandingan tersebut, Ra Kyung-min sukses mengalahkan Julia Mann dalam dua set langsung dengan skor 11-2 dan 11-1. Pertandingan itu tuntas hanya dalam enam menit saja.

Ada duel-duel yang berlangsung lebih cepat dari itu. Seperti halnya ketika Fajar Alfian/Rian Ardianto menghadapi Ko Sung Hun/Shin Baek Chol yang hanya berlangsung dua menit di babak 32 besar Korea Open 2023. Namun, itu karena pasangan Korea Selatan retired, jadi tak terhitung sebagai pertandingan yang selesai.

Sementara itu, pertandingan bulu tangkis terlama yang pernah tercatat di Guiness World Records adalah duel antara Peter Rasmussen asal Denmark kontra Sun Jun asal China. Keduanya bertemu di final tunggal putra Kejuaraan Dunia 1997.

Peter Rasmussen

Pertandingan itu berlangsung selama 124 menit alias dua jam lebih empat menit. Dalam pertandingan itu, Rasmussen menang dalam duel tiga gim dengan skor akhir 16-17, 18-13, dan 15-10.

Namun, di luar dari catatan Guiness, sebenarnya ada pertandingan wakil Indonesia yang berjalan lebih lama dari itu. Itu terjadi ketika ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Nitya Krishinda menghadapi wakil Jepang, Kurumi Yonao/Naoko Fukuman.

Pertandingan di Badminton Asia Championships 2016 tersebut berlangsung selama 161 menit atau hanya kurang 19 menit dari tiga jam. Dalam duel itu, pasangan Jepang menang dengan skor akhir 13-21, 21-19, dan 24-22.(Sumber)