21 Caleg Golkar Sumatera Yang Lolos Ke DPR

No comment 153 views
21 Caleg Golkar Sumatera Yang Lolos Ke DPR Radar Aktual

Penghitungan suara di KPU masih 9 hari lagi. Namun, pleno penghitungan suara di beberapa provinsi sudah selesai. Sebagian bisa diketahui berapa jumlah suara tiap partai dan berapa kursi yang berhasil dikonversi. Sesuai data di media mainstream, tim riset Golkarpedia akan menyajikan siapa caleg-caleg Golkar yang lolos dari Sumatera.

Pulau Sumatera terdiri dari 10 provinsi dan 17 dapil, yaitu Aceh (Dapil I dan II), Sumatera Utara (Dapil I, II dan III), Sumatera Barat (Dapil I dan II), Sumatera Selatan (Dapil I dan II), Riau (Dapil I dan II), Lampung (Dapil I dan II), Kepulauan Riau (Kepri), Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Bengkulu dan Jambi yang masing-masing 1 dapil.

Dari dapil Aceh I, caleg petahana Salim Fakhry diprediksi lolos meski sempat dibayang-bayangi eks Bupati Nagan Raya, Teuku Zulkarnaini. Di dapil Aceh II, caleg muda yang juga Ketua DPD II Golkar Langsa Ilham Pangestu menyingkirkan caleg petahana Firmandez.

Dapil Sumut I meloloskan caleg petahana Meutya Hafid, yang sempat dapat perlawanan sengit dari Adlin Tambunan. Dapil Sumut II, Rambe Kamarulzaman harus merelakan kursinya kepada pendaatang baru anggota Dewan Pakar Partai Golkar, Lamhot Sinaga. Dapil Sumut III memberikan 2 kursi bagi Golkar, Delia Sitepu caleg petahana putri Bupati Langkat Ngogesa Sitepu salah satunya. Satu lagi milik plt. Ketua DPD I Golkar Sumut Ahmad Doli Kurnia.

Dari Dapil Sumbar I dan II tak ada kejutan berarti. Sesuai prediksi, politisi senior Darul Siska dan caleg petahana John Kenedy Azis lolos ke DPR. Sementara dapil Riau I dan II, Golkar meloloskan eks Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dan Sekretaris FPG MPR RI Idris Laena.

Di Sumatera Selatan, Golkar sukses merebut 3 kursi. Dapil Sumsel I, petahana Kahar Muzakir berhasil unggul dari para pesaingnya. Sementara dari dapil Sumsel II, caleg petahana Bobby Adhityo Rizaldi lolos bersama eks Gubernur Sumsel Alex Noerdin. Sedang dari Kepulauan Riau, Golkar meloloskan eks Bupati Bintan, Ansar Ahmad.

Dari dapil Lampung I, Sekjen DPP Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus lolos menyisihkan caleg petahana Dwie Aroem Hadiatie. Sedang dari dapil Lampung II, caleg petahana Aziz Syamsuddin didampingi mantan Bupati Tulang Bawang, Hanan A. Rozak.

Kejutan dari Jambi, karena Golkar sukses merebut 2 kursi DPR masing-masing untuk caleg petahana, istri Bupati Tebo Saniatul Lativa dan eks Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus. Dari Kepri besar kemungkinan meloloskan pengusaha muda Bambang Patijaya. Dan dari Bengkulu, mantan Ketua DPD RI, Muhammad Saleh.

Berikut daftar lengkapnya:
1. Aceh (Salim Fakhry dan Ilham Pangestu);
2. Sumut (Meutya Hafid, Lamhot Sinaga, Delia Sitepu dan Ahmad Doli Kurnia);
3, Sumbar (Darul Siska dan John Kenedy Azis);
4. Sumsel (Kahar Muzakir, Bobby Adhityo Rizaldi dan Alex Noerdin);
5. Riau (Arsyadjuliandi Rachman dan Idris Laena)
6. Kepri (Ansar Ahmad);
7. Lampung (Lodewijk Freidrich Paulus, Aziz Syamsuddin dan Hanan A. Rozak);
8. Jambi (Hasan Basri Agus dan Saniatul Lativa);
9. Bengkulu (Muhammad Saleh)
10. Babel (Bambang Patijaya)

Partai Golkar memperoleh 21 kursi DPR dari Sumatera dengan rincian 18 laki-laki dan 3 perempuan.

No Response

Leave a reply "21 Caleg Golkar Sumatera Yang Lolos Ke DPR"