News  

Ratusan Kiai dan Gus se-Jatim Dukung Anies Baswedan Capres: Dia Bagian dari NU

Ratusan kiai dan gus [gelar bagi putra kiai yang belum cukup umur disebut kiai sebagai bentuk penghormatan] se-Jawa Timur mendukung bacapres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan.

Dukungan yang dikeluarkan dengan nama Risalah Sidoresmo itu menyebut Anies adalah minna, bagian dari NU dan mengamalkan amaliah Ahlusunnah Wal Jamaah (Aswaja).

KH Nasirul Mahasin Nursalim atau Gus Mahasin mengatakan, ada empat butir hasil musyawarah yang disepakati oleh para kiai tersebut. Salah satunya menyatakan Anies adalah bagian NU dan mengamalkan Aswaja.

“Setelah kami tabayyun dan melihat secara langsung haliyah Pak Anies, kami yakin bahwa Pak Anies ini memang seorang dengan amaliyah ahlusunnah waljamaah atau aswaja. Anies itu minna, bagian dari ahlussunnah wal jamaah an-Nahdliyyah,” tulis Risalah Sidoresmo tersebut.

Risalah ini dikeluarkan setelah diadakan musyawarah dalam agenda Tirakat untuk Keselamatan Umat dan Bangsa di Pondok Pesantren Islam At-Tauhid Sidoresmo, Surabaya, Kamis (10/8).

Gus Mahasin yang juga kakak dari Gus Baha ini menyebut, Risalah Sidoresmo diserahkan secara langsung kepada Anies Baswedan oleh KH Mas Mansur Tholhah.
200 kiai dan gus se-Jawa Timur dukung Anies Capres. Foto: Dok. Istimewa
200 kiai dan gus se-Jawa Timur dukung Anies Capres. Foto: Dok. Istimewa

Usulkan 5 Bacawapres Anies

Dalam diskusi yang dipimpin oleh Gus Mahasin ini, mereka merekomendasikan lima nama warga dan kader Nahdliyin untuk dijadikan bacawapres Anies.

Mereka salah Yenny Wahid, Gus Muhaimin Iskandar, Khofifah Indar Parawansa, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Mahfud MD.

“Tentu, siapa pun yang akan dipilih, hadirin musyawarah mengembalikan keputusannya kepada Anies Baswedan sendiri,” ucap Gus Mahasin.

Gus Mahasin menjelaskan, Anies memiliki geneologi sebagai Nahdliyin dan ditambah dengan cawapres dari Nahdliyin ini para hadirin musyawarah berharap keberpihakan yang konkret terhadap dunia santri dan pesantren.

“Dari semua calon, hanya Pak Anies Baswedan yang memiliki bukti nyata dalam dunia pendidikan. Jadi, kami para kiai ini lebih mempercayai Pak Anies untuk kami titipi santri-santri kami dan pesantren agar mereka menjadi lebih cerdas dan sejahtera,” tambah Gus Mahasin.

200 kiai dan gus se-Jawa Timur dukung Anies Capres. Foto: Dok. Istimewa
200 kiai dan gus se-Jawa Timur dukung Anies Capres. Foto: Dok. Istimewa

Sementara Anies berterima kasih kepada para kiai dan gus yang hadir dalam agenda ini. Anies menekankan, ke depan pemerintah akan terus meningkatkan perhatian pemerintah kepada santri dan dunia pesantren.

“Pesantren ini sudah ratusan tahun berdiri sejak sebelum Indonesia merdeka. Karena itu, pemerintah harus memberikan keberpihakan secara konkret kepada santri dan pesantren,” kata Anies.

Berikut ini isi Risalah At-Tauhid Sidoresmo, Surabaya:

  • Setelah kami tabayyun dan melihat secara langsung, kami yakin bahwa Anies Baswedan seorang penganut Aswaja dan sesuai dengan kita sebagai Nahdliyin.
  • Kami menitipkan pesantren dan santri kepada Anies Baswedan yang memang seorang guru dan pendidik. Hanya Anies Baswedan yang layak kami titipkan masa depan santri-santri kami.
  • Sebagai Nahdliyin kami merekomendasikan lima kader dan warga Nahdliyin kepada Anies Baswedan untuk menjadi calon wakil presiden: Yenny Wahid, Gus Muhaimin Iskandar, Khofifah Indar Paransa, Agus Harimurti Yudhoyono dan Mahfud MD.
  • Anies Baswedan mampu menciptakan persatuan Indonesia karena hanya Anies yang terbukti memiliki kemampuan kepemimpinan sesuai dengan trilogi ukhwah ala Nahdlatul Ulama: Ukhwah Islamiyah, Ukhwah Basyariyah, Ukhwah Wathoniyah.