Sukses Angkat Persebaya ke Papan Atas, Uston Nawawi Dipanggil Pep Guardiola

Pelatih karataker Persebaya Surabaya, Uston Nawawi sukses besar mengangkat Bajul Ijo dari zona degradasi ke papan atas klasemen sementara Liga 1 musim 2023/2024.

Meski belum berlisensi AFC Pro, Uston kembali membawa anak asuhnya memenangi laga saat melawan Borneo FC 2-1 pada pekan ke-11 Liga 1 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Minggu (3/9) sore.

Persebaya Surabaya menang atas Borneo FC dengan skor 2-1. Tuan rumah unggul lebih dulu lewat gol Bruno Moreira pada menit ke-22.

Borneo FC sempat menyamakan skor melalui gol Yohanes Kandaimu pada injury time babak pertama pada menit ke 45+2′.

Namun, Persebaya mengunci kemenangan setelah Ze Valente membobol gawang Borneo yang dijaga kiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata, pada menit ke-72.

 

Tak pelak, Persebaya terus merangsek ke papan atas klasemen sementara. Sampai laga pekan keenam Liga 1, Persebaya berada di peringkat ke-16, atau pada zona degradasi.

Namun, dalam lima laga dari pekan ke-7 hingga ke-11, Persebaya meraih 4 kali kemenangan dan 1 kali seri. Kini, Persebaya pun naik ke peringkat ke-5 dengan torehan 18 poin.

Di sisi lain, Borneo FC terancam turun ke peringkat ke-3 jika Barito Putera bisa mengalahkan Persis Solo dalam laga malam ini.

Torehan spektakuler Persebaya di bawah Uston Nawawi ini pun mendapat puja-puji dari Bonek, fans Persebaya di akun instagram klub. Mereka pun memanggil mantan gelandang Timnas Indonesia itu dengan sebutan Pep, yakni Pep Guardiola, pelatih kepala Manchester City.

“Coach Aji, Persebaya Saiki menangan.. sepurane Coach,” tulis @mif.tah

“NO AJI, NO PROBLEM,” kata @bilalalfachri

“Uston “Pep” Nawawi,” lanjut @hariskarbulator.

Sebagaimana diketahui, setelah Aji Santoso didepak, Persebaya memang belum memiliki pelatih kepala. Uston Nawawi sendiri tidak bisa menjadi pelatih kepala karena regulasi BRI Liga 1, pelatih kepala wajib minimal AFC Pro atau setara. Sedangkan Uston Nawawi baru punya lisensi AFC A. (Sumber)