Bagaimana Peluang Indonesia Sabet 3 Medali Emas Dari Cabor Bulutangkis di Asian Games 2023?

INDONESIA berpeluang meraih tiga medali emas dari cabang olahraga (cabor) bulu tangkis di ajang Asian Games 2023 kali ini. Jumlah tersebut sesuai dengan target yang disampaikan Kabid Binpres, PBSI Rionny Mainaky.

Menilik peluang tersebut, tiga nomor yang berpotensi menyumbang medali emas. Beberapa diantaranya adalah sektor beregu putra, tunggal putra dan ganda putri.

“Kita punya target tiga emas. Tapi saya punya cita-cita lebih dari target ya,” kata Rionny kepada awak media, termasuk MNC Portal Indonesia, saat ditemui di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, pada Rabu (20/9/2023).

Tunggal putra ada nama Jonatan Christie yang diprediksi bisa kembali mempersembahkan medali emas untuk Indonesia. Selain berstatus sebagai juara bertahan pada edisi sebelumnya, Jojo -sapaan akrab Jonatan- juga tengah dalam tren positif usai meraih gelar juara di Hong Kong Open 2023 pekan lalu.

Pencapaian tersebut diyakini bisa menjadi motivasi tambahan Jonatan Christie untuk kembali mempertahankan medali emas di Asian Games 2023 nanti. Selain Jonatan, Indonesia juga menurunkan Anthony Sinisuka Ginting dan Chico Aura Dwi Wardoyo di sektor tunggal putra.

Kemudian medali emas berikutnya bisa datang dari nomor ganda putri melalui pasangan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti. Sempat mengalami naik turun performa, Apriyani/Fadia mulai menunjukkan peningkatan usai berhasil menyabet gelar juara di Hong Kong Open 2023 kemarin.

Terakhir, ada sektor beregu putra yang juga berpeluang meraih medali emas di ajang Asian Games 2023. Sebab, Indonesia menurunkan skuad terbaik termasuk ganda putra nomor 1 dunia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Meski tengah mengalami penurunan performa, ajang Asian Games 2023 diyakini bakal jadi momentum kebangkitan mereka.

Selain itu, pencapaian medali perak di Asian Games 2018 kemarin diyakini bakal jadi motivasi lebih tim beregu putra Indonesia untuk tampil lebih baik. Pada edisi tersebut, Indonesia kalah 1-3 dari China di partai final.(Sumber)