News  

Pengamat: Kaesang Gabung PSI, Tanda Jokowi dan Gibran Tak Nyaman di PDIP

Pengamat politik yang juga merupakan Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI), Adi Prayitno, menilai merapatnya Kaesang Pangarep ke PSI menjadi tanda buruknya hubungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan PDIP.

“Kaesang ke PSI ini dibaca sebagai sikap politik Pak Jokowi, yang dinilai memang dalam beberapa tahun ke belakang ini hubungannya dinilai kurang ok dengan PDIP,” kata Adi ditemui Suara.com setelah mengisi acara Total Politik di Jakarta Selatan, Sabtu (23/9/2023).

Adi menilai Kaesang mungkin saja merasa trauma atas sikap PDIP kepada ayahnya dan kakaknya, Gibran Rakabuming Raka. Oleh sebab itu, Kaesang memilih bergabung ke PSI.

“Mungkin Kaesang merasa sedikit trauma atau nggak nyaman dengan sikap PDIP yang terjadi pada Jokowi dan mungkin juga pada Gibran, makanya kaesang dipersilakan pindah ke PSI,” tutur Adi.

“Artinya dalam konteks ini, di partai yang lama, Kaesang pun akan nggak nyaman, karena bapaknya dan kakaknya nggak nyaman di situ,” Adi menambahkan.

Adi juga berpandangan, keputusan Kaesang menjadi kader PSI tidak mungkin lepas dari campur tangan Jokowi. Besar kemungkinan, kata Adi, Kaesang berkonsultasi dengan Jokowi sebelum memutuskan resmi menjadi kader PSI.

“Bagi saya tentu tidak mungkin lahir dari ruang hampa. Kaesang ini anak presiden bos, pastinya segala komunikasinya di komunikasikan dengan presiden wajar kalau kemudian segala sikap politik kaesang ini dikaitkan dengan sikap politik Pak Jokowi,” kata Adi.

Dapat Restu Jokowi

Sebelumnya, Kaesang mengaku sudah meminta restu sang ayah dan kakak pertamanya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, terkait dengan keputusannya untuk bergabung dengan PSI.

“Minta restu pasti, tapi kan beliau (Jokowi) sibuk banget. Mentok-mentok dapat waktu 5 menit,” ucap Kaesang di Solo, Sabtu (23/9/2023).

Kaesang mengaku, saat menghubungi Jokowi dan Gibran, dia hanya sekadar menyampaikan keinginannya bergabung dengan PSI dan meminta restu, tanpa meminta nasihat. Bahkan pesan meminta restu yang ia kirim kepada Gibran tak dibalas.

“Saya kan minta restu, tidak minta pesan. Bicara (dengan Jokowi) hanya seperlunya, kedua sibuk. Apalagi Mas Gibran, WA saja tidak dibalas. Menyebut (masuk PSI) tapi enggak dibales. (Terakhir WA) sudah lama banget, itu bahas Persis,” ujarnya.

Bagi Kaesang, yang terpenting saat ini adalah langkahnya masuk PSI mendapat dukungan penuh dari sang istri, Erina Gudono.(Sumber)