Absen Hampir Setahun, Marc Marquez Akhirnya Naik Podium di MotoGP Jepang 2023

MOTOR-MOTOGP-JAPAN/

Setelah absen podium hampir setahun, Marc Marquez akhirnya finis ketiga pada MotoGP Jepang 2023. Pembalap tim Repsol Honda itu melintasi garis finis di belakang Jorge Martin dan Francesco Bagnaia.

Balapan ke-14 MotoGP 2023 itu digelar Minggu (1/10/2023) siang WIB di Sirkuit Twin Ring Motegi. Tepat sebelum start, hujan mulai turun. Hal itu membuat balapan dinyatakan flag to flag atau pembalap boleh menukar motor.

Marc Marquez (Repsol Honda, 93) melaju di Sirkuit Twin Ring Motegi pada balapan MotoGP Jepang 2023 (Foto: Reuters/Issei Kato)

Belum ada satu lap, sebagian besar pembalap langsung menukar motornya. Hal itu terbukti penting dalam memperebutkan posisi di atas lintasan yang basah.

Marquez, yang start dari posisi tujuh, cukup diuntungkan dengan hal ini. The Baby Alien keluar pit di urutan tiga. Namun, ia perlahan-lahan mundur setelah disalip oleh Jorge Martin, Francesco Bagnaia, hingga Marco Bezzecchi.

Di pertengahan lomba, Marquez yang dikenal jago di lintasan basah, mulai menunjukkan taringnya. Ia balik menyalip Espargaro dan Bezzecchi. Tepat ketika naik ke posisi tiga, bendera merah dikibarkan dan balapan dihentikan sementara.

Setelah ditunda sementara, balapan coba dilanjutkan dan dimulai dari putaran ke-12. Akan tetapi, setelah para pembalap mengitari sirkuit, bendera merah kembali berkibar. Race akhirnya dihentikan dan para pembalap mendapat poin penuh karena sudah berlangsung 50% dari total putaran (12 dari 24).

Akhirnya, Marquez finis ketiga pada balapan MotoGP Jepang 2023. Itu merupakan podium pertamanya dalam kurun waktu hampir setahun. Ia terakhir kali naik podium setelah finis kedua di MotoGP Australia 2022.

Ini sekaligus menjadi pembuktian Marquez belum habis. Ia masih bisa bertarung meski balapan berlangsung dalam kondisi basah dan sedikit diuntungkan dengan red flag.

Marc Marquez (Repsol Honda) tersenyum di parc ferme Sirkuit Twin Ring Motegi usai MotoGP Jepang 2023 (Foto: Reuters/Issei Kato)

Podium ini juga membuktikan progres nyata Marquez dalam beberapa balapan terakhir. Namun, pekerjaan rumah besar masih menanti sang pembalap serta tim Repsol Honda.(Sumber)