David da Silva Cetak Hattrick, Persib Bandung Gunduli Persita Tangerang 5-0

Persib Bandung mengamuk menghabisi Persita Tangerang dengan skor telak 5-0 pada laga pekan ke-14 BRI Liga 1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Minggu (1/10/2023) malam.

David da Silva jadi aktor utama kemenangan kandang Persib dengan torehan hat-trick alias trigolnya ke gawang Persita pada menit kesembilan, 48′ dan 51′.

Sementara dua gol Persib lainnya dibukukan Edo Febriansah (44′) dan Frets Butuan (90+3′).

Persib sendiri terus melanjutkan tren positif mereka bersama pelatih Kroasia, Bojan Hodak. Persib sudah tak terkalahkan dalam tujuh laga terakhirnya di Liga 1 dengan meraih lima kemenangan.

Kini Persib bercokol di peringkat ketiga klasemen sementara Liga 1 dengan raihan 24 poin dari 14 pertandingan.

Sementara dengan kekalahan ini, Persita kian terpuruk di peringkat ke-15, hanya satu strip di atas zona merah, dengan koleksi 14 poin dari 14 laga.

Di GBLA, Persib sudah membuka keunggulan pada menit kesembilan lewat gol David da Silva. Striker haus gol asal Brasil itu mencetak gol lewat sundulan dari situasi sepak pojok.

Di tengah perburuan gol penyama kedudukan, gawang Persita jebol lagi di menit ke-44. Kali ini, gawang mereka dibobol secara keras oleh Edo Febriansah.

Bek kiri Timnas Indonesia tersebut memanfaatkan bola liar di depan kotak penalti Persita usai sepak pojok. Sepakan kaki kirinya terlalu keras untuk ditahan kiper Persita.

Penetrasi yang dilakukan Ciro Alves di sisi kiri, diselesaikan dengan mengirim umpan ke tiang jauh. David da Silva datang di waktu yang tepat untuk menyambar bola dan mencetak gol keduanya.

Di menit ke-51, Persib sanggup mencetak gol keempat, lagi-lagi lewat David da Silva. Eks bomber Persebaya Surabaya mencetak hat-trick untuk Persib lewat proses yang hampir serupa seperti gol sebelumnya.

David da Silva datang di waktu yang tepat saat Marc Klok melakukan tekanan di sisi kiri. Ia lalu melepas umpan tarik yang disambar dengan satu sentuhan oleh Da Silva.

Persib belum puas berpesta gol. Di menit ke-90+4, Frets Butuan memanfaatkan pertahanan Persita yang terlalu mudah diterobos, meliuk-meliuk di antara para pemain, lalu melepas tendangan yang akurat ke pojok bawah gawang Persita.

Susunan Pemain:

Persib Bandung XI: Teja Paku Alam; I Putu Gede, Nick Kuipers, Alberto Rodriguez, Daisuke Sato; Marc Klok, Dedi Kusnandar; Beckham Putra, Levy Clement Medinda, M Edo Febriansyah; David da Silva.

Pelatih: Bojan Hodak (Kroasia)

Persita Tangerang XI: Rendy Oscario; M Toha, Christian Rontini, Javlon Guseynov, Mario Jardel; Mateo Bustos, Fahreza Sudin; Hanis Sagara, Ezequiel Vidal, Esa Sahrul; Ramiro Fergonzi.

Pelatih: Divaldo Alves (Portugal)

(Sumber)