Syamsuar Jadi Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler Periode September 2023 Berdasar Riset Golkarpedia

Nama Gubernur Riau, Syamsuar yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Riau berdasar hasil riset kami Golkarpedia.com menjadi Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler se-Indonesia untuk periode September 2023. Predikat ini telah kesekian kalinya diterima Syamsuar untuk menempati urutan pertama dalam kategori Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler.

Tentu ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi Syamsuar, tidak heran jika kemudian Riau menjadi salah satu basis suara Partai Golkar setiap kali Pemilu berlangsung. Dengan bertenggernya Syamsuar di peringkat pertama, tentu akan semakin mempertegas kuatnya Partai Golkar di Riau, utamanya jelang Pemilu 2024.

Seperti pada periode sebelumnya, kategori terpopuler yang kami gunakan adalah berdasar kuantitas pemberitaan. Hanya ada sedikit tambahan sebagai input lain, yakni reach atau jangkauan pemberitaan. Jangkauan pemberitaan ini bukan berarti banyaknya pembaca, tetapi asumsi banyaknya orang yang melihat jika link disebar di berbagai platform media sosial.

Untuk Syamsuar, ia memiliki total 1.114 pemberitaan pada berbagai media online selama periode bulan September 2023. Reach atau yang dijangkau dari pemberitaan yang dimiliki Syamsuar adalah sebesar 3,1 juta jangkauan.

Berita mengenai Syamsuar didominasi oleh kabar tentang mundurnya Syamsuar dari jabatan Gubernur Riau untuk maju mencalonkan diri sebagai Caleg DPR RI dari Partai Golkar. Kemudian ada pula pemberitaan tentang Syamsuar yang mendapatkan penghargaan dari Menpora kategori Pembina Olahraga Berprestasi 2023.

Selain itu ada pula pemberitaan tentang peristiwa kecelakaan yang menimpa rombongan pengawal Gubri Syamsuar di Bengkalis. Pemberitaan tentang pemberian bantuan beasiswa untuk mahasiswa Unilak dari Pemprov Riau juga menjadi sorotan. Lalu gelar adat yang diberikan Kaum Caniago untuk Gubernur Riau, Syamsuar dan istri.

Selanjutnya di urutan kedua sebagai Ketua DPD 1 Partai Golkar Terpopuler berdasar hasil riset Golkarpedia.com adalah Sahbirin Noor. Gubernur Kalimantan Selatan yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Kalsel ini untuk periode pemberitaan September 2023, memiliki pemberitaan sebanyak 564 berita yang tersebar pada berbagai media online. Reach yang dicapai dari pemberitaan mengenai Sahbirin Noor adalah sebesar 1,07 juta jangkauan.

Pemberitaan pria yang akrab disapa Paman Birin ini lebih banyak tersorot atas pelantikan tiga Pj Bupati di daerah Kalsel yang dilakukan oleh Sahbirin Noor. Selanjutnya tentang upaya Gubernur Sahbirin Noor yang ingin jadikan Meratus menjadi Geopark Ke-11 di Indonesia.

Kemudian perkembangan Karhutla di Kalsel, Paman Birin sebagai gubernur diminta untuk optimalkan kinerja Satgas darat. Selanjutnya ada pula pemberitaan tentang apresiasi Sahbirin Noor terhadap Pemkab Tapin yang kembali mengaktifkan mall pelayanan publik di daerahnya.

Di posisi ketiga ada nama Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Barat, Ace Hasan Syadzily. Untuk periode September 2023, Ace Hasan Syadzily memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 492 pemberitaan dengan reach mencapai 3,3 juta jangkauan.

Untuk pemberitaan mengenai Ace Hasan Syadzily didominasi oleh kabar mengenai larangan edar bagi film His Only Son yang dianggap menyesatkan oleh Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI itu. Kemudian ada pula kabar tentang pernyataan Ace Hasan yang menyebut Golkar sebagai gudangnya teknokrat.

Di tempat keempat ada nama Ketua DPD I Partai Golkar DKI Jakarta yang juga menjabat sebagai Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar. Untuk periode bulan September 2023 ini, Ahmed Zaki Iskandar memiliki 442 pemberitaan. Reach yang dicapai oleh Ahmed Zaki Iskandar mencapai 1,05 juta jangkauan.

Pemberitaan mengenai Ahmed Zaki Iskandar salah satunya terkait dengan pernyataannya mengenai capaian 10 tahun kepemimpinannya sebagai Bupati Tangerang. Kemudian ada pula mengenai kabar Ahmed Zaki Iskandar yang diwacanakan sebagai Gubernur DKI Jakarta di Pilkada 2024. Selanjutnya tentang apresiasi yang diberikan oleh Ahmed Zaki iskandar kepada para seniman mural.

Untuk bulan September 2023 ini, kami mempersempit jumlah publisitas tokoh yang masuk dalam kategori populer hanya menjadi 4 orang. Alasan kami hanya mengeluarkan 4 orang sebagai sarana sosialisasi nomor urut Partai Golkar di Pemilu 2024. Selain itu, tak ada perubahan fundamental terkait dengan riset yang kami lakukan dengan memasukkan nama-nama seluruh Ketua DPD I Partai Golkar ke dalam tools yang kami miliki.

Demikian 4 besar Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler untuk periode bulan September 2023. Ada pergeseran, ada yang terlempar dari 4 besar, ada pula nama baru yang masuk. Hal ini mafhum adanya. Semoga temuan kami ini menjadi pelecut semangat bagi seluruh DPD I Partai Golkar se-Indonesia agar lebih masif lagi mengabarkan mengenai kinerja baik sebagai Ketua DPD Partai Golkar ataupun peran lainnya di pemerintahan.

Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler Berdasar Kuantitas Pemberitaan Periode September 2023:

1. Syamsuar
Fungsionaris Partai Golkar
Ketua DPD I Partai Golkar Riau
Total: 1.114 pemberitaan
Reach: 3,1 juta jangkauan

2. Sahbirin Noor
Gubernur Kalimantan Selatan
Ketua DPD I Partai Golkar Kalsel
Total: 564 pemberitaan
Reach: 1,07 juta jangkauan

3. Ace Hasan Syadzily
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI
Ketua DPD I Partai Golkar Jabar
Total: 492 pemberitaan
Reach: 3,3 juta jangkauan

4. Ahmed Zaki Iskandar
Fungsionaris Partai Golkar
Ketua DPD I Partai Golkar DKI Jakarta
Total: 442 pemberitaan
Reach: 1,05 juta jangkauan {golkarpedia}