Terbukti Doping, Gelandang Monza Asal Argentina Papu Gomez Dilarang Bermain 2 Tahun

Monza telah mengeluarkan siaran pers, mengungkapkan bahwa klub telah menerima konfirmasi bahwa Papu Gomez telah dijatuhi larangan dua tahun dari komisi anti-doping Spanyol atas insiden yang terjadi pada Oktober 2022.

Monza telah mengonfirmasi bahwa Papu Gomez ditemukan dengan jejak Terbutaline dalam sistem tubuhnya, obat yang biasanya digunakan untuk mengobati sesak napas yang disebabkan oleh asma, bronkitis, dan emfisema.

Terbutaline termasuk dalam bagian 3 daftar zat terlarang FIGC untuk tahun 2023-2024.

Menurut Monza seperti dilaporkan oleh Football-Italia, obat tersebut diminum Gomez pada Oktober 2022, saat ia masih terikat kontrak dengan Sevilla, sebagai respons terhadap masalah terkait bronkitis.

Laporan terbaru dari Relevo menunjukkan bahwa substansi tersebut telah digunakan sebelum kemenangan Argentina di Piala Dunia 2022 di Qatar.

Monza mengonfirmasi bahwa mereka menerima pemberitahuan dari FIFA melalui FIGC pada hari Jumat mengenai hukuman dua tahun yang diterapkan oleh komisi anti-doping Spanyol. Namun pernyataan tersebut menunjukkan bahwa zat tersebut dikonsumsi tanpa disengaja.

Gomez hanya tampil dua kali untuk Monza di Serie A sejak bergabung dengan status bebas transfer pada bulan September. Dia telah menyetujui pemutusan kontraknya dengan Sevilla, kurang dari setahun sebelum kontrak tiga tahunnya berakhir.

Pernyataan resmi Monza berbunyi: “AC Monza mengumumkan bahwa hari ini mereka telah menerima pemberitahuan dari FIFA, melalui FIGC, tentang hukuman pertama Komisi Anti-Doping Spanyol, yang dikeluarkan terhadap pesepakbola Alejandro Dario Gomez.

“Hukumannya mencakup diskualifikasi dua tahun dari kegiatan olahraga. Kehadiran Terbutaline ditemukan dalam sampel biologis pesepakbola itu.”

“Itu adalah obat yang diminum untuk meredakan masalah bronkospasme, pada Oktober 2022, ketika pesepakbola itu didaftarkan ke Sevilla FC.”

“Positif adalah hasil dari asumsi yang tidak disengaja.”

“AC Monza berhak mengevaluasi langkah prosedur selanjutnya.(Sumber)